Siswa SMAN 5 Palangka Raya Simulasi USBN Berbasis Android

Kontribusi dari Martiana Winarsih, 27 November 2019 21:36, Dibaca 350 kali.


MMCKalteng, Palangka Raya – Simulasi itu penting. Simulasi itu menguji coba suatu program kegiatan agar saat pelaksanaan yang sesungguhnya kelak bisa diyakini akan berjalan lancar.

(Baca Juga : Bupati Minta Insentif Babinsa dan Babin Kamtibmas Dinaikkan)

Pemahaman dan optimisme tentu bisa dibangun dengan mencoba, berlatih, dan menguji untuk memastikan kegiatan akan berlangsung semestinya dan menepis keraguan.

Begitu kiranya. Maka simulasi Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) Berbasis Android dilaksanakan di SMAN 5 Palangka Raya 26 -27 November 2019.

Sosialisasi dilakukan untuk mengawali simulasi. Meski USBN berbasis komputer dan UN berbasis komputer sudah beberapa kali dilaksanakan, tetapi USBN berbasis android baru kali ini dilaksanakan.

Persiapan yang matang kita upayakan. Tim kita dengan fasilitas yang ada telah bekerja keras agar semua berjalan lancar. Memang tetap ada kendala seperti jaringan kurang stabil, sehingga siswa dan guru mesti bersabar. Namun kita tetap optimistis untuk berubah dan bekerja lebih efektif dan efisien dan hasilnya lebih baik,” tutur Kepala SMAN 5 Palangka Raya, Ramli, Rabu (27/11/2019).

Ratusan siswa kelas XII serius mengikuti simulasi. Apalagi ini menyangkut kesiapan menyongsong USBN berbasis android tahun depan yang tidak lama lagi tiba.

Walau awalnya mungkin agak gamang karena terbiasa menyelesaikan soal dengan kertas dan pulpen, kini mereka mulai mengakrabi penyelesai soal dengan gawai (gadget).

Selasa 26 November 2019 para siswa bersimulasi USBN mengerjakan soal bahasa Indonesia. Berlanjut Rabu soal mata pelajaran bahasa Inggris dan matematika.

Meski sempat ada kendala dan ketersendatan, namun simulasi menjadi bagian ujian kesabaran tersendiri sekaligus koreksi dan evaluasi untuk lebih siap menghadapi USBN berbasis android yang sebenarnya. (MC. Isen Mulang)



 

Martiana Winarsih

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook