Pemerintah Kabupaten Barito Utara Gelar Sosialisasi Kearsipan

Kontribusi dari Diskominfo Barito Utara, 31 Oktober 2019 07:48, Dibaca 21 kali.


MMCKalteng - Muara Teweh - Guna menjamin pengelolaan kearsipan pemerintahan yang baik, Pemerintah Kabupaten Barito Utara melalui Dinas Kearsipan dan Perpustakaan menggelar Acara Sosialisasi Kearsipan Bagi Perangkat Daerah dan Kepala Desa Lingkup Pemerintah Kabupaten Barito Utara Tahun 2019 di Aula Bappedalitbang Jl. A. Yani Muara Teweh. Acara dibuka oleh Bupati Barito Utara H. Nadalsyah didampingi Wakil Bupati Barito Utara, Sugianto Panala Putra, Ketua DPRD Ir. Hj. Mery Rukaini, MIP, Sekretaris Daerah, Ir. H. Jainal Abidin, M. AP, dan dihadiri oleh Staf Ahli Bupati, Kepala Perangkat Daerah, perwakilan FKPD serta para undangan peserta sosialisasi lingkup Pemerintah Kabupaten Barito Utara.

Bupati Barito Utara, H. Nadalsyah dalam sambutannya menyampaikan bahwa dari segi administrasi, arsip mempunyai kedudukan dan peranan yang sangat penting. Hal ini, dalam rangka tertib secara administrasi, tertib dokumentasi dan tertib pertanggung jawaban, dalam pelaksanaan kegiatan. "Karena arsip itu sendiri merupakan dari manajemen organisasi, pengelolaan arsip yang baik di setiap perangkat daerah nantinya akan mempengaruhi kinerja organisasi itu sendiri," jelas H. Nadalsyah.
Bupati Barito Utara berharap kepada para pengelola kearsipan di lingkup Pemerintah Kabupaten Barito Utara agar menata kembali arsip-arsip di instansinya masing-masing. "Arsip agar ditata kembali, untuk menghindari arsip yang menumpuk dan menyelamatkan arsip-arsip yang masih bernilai guna," tutup H. Nadalsyah.

Sebelumnya, Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Ir, Edy Nugroho, M,Si, melaporkan maksud dan tujuan dilaksanakan kegiatan adalah sesuai isi Undang-Undang Nomor 43 tahun 2019 tentang Kearsipan, menyatakan penyelenggaraan kearsipan bertujuan untuk menjamin terciptanya arsip dari kegiatan yang dilakukan oleh lembaga negara. "Untuk jumlah peserta sebanyak 75 orang, pemateri dan narasumber berasal dari Kabupaten Hulu Sungai Utara," jelas Edy. Sementara itu, Karya Nadi, M.AP, sebagai narasumber selain menjelaskan tentang pengelolaan pengarsipan juga menyampaikan harapannya agar setiap kegiatan kedinasan yang bernilai guna tinggi. Seperti raihan-raihan prestasi pemerintahan yang didapat dibawah kepemimpinan Bupati Barito Utara dapat diarsipkan di Kantor Kearsipan dan Perpustakaan. "Untuk kedepannya, bisa di lihat oleh anak cucu generasi penerus atau pemimpin selanjutnya," pungkas Karya. (Nadi Forester / BARUT - Foto: Diskominfobarut)

Diskominfo Barito Utara

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook