Sistem Resi Gudang Jaga Stabilitas Harga

Kontribusi dari Gusti Mahfuz, 24 Januari 2020 16:01, Dibaca 319 kali.


mmckalteng - KUALA KAPUAS – Guna mendorong implementasi Sistem Resi Gudang (SRG) yang dalam hal ini di Desa Terusan Raya, Kepala Badan Pengawas Pedagangan Berjangka Komoditi (BAPPEBTI) Kementerian Perdagangan RI Tjahya Widayanti beserta rombongan melakukan kunjungan kerja ke Desa Terusan Raya Kecamatan Bataguh Kabupaten Kapuas, Jumat (24/1/2020) pagi.

Turut mendampingi kunjungan kerja tersebut Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Provinsi Kalimantan Tengah Aster Bonawaty, Pj Sekretaris Daerah Kabupaten Kapuas Andres Nuah bersama Plt Kepala Dinas Perdagangan, Perindustrian, Koperasi (DAGPRINKOP) dan UKM Kabupaten Kapuas Batu Panahan serta beberapa perwakilan Perangkat Daerah Kapuas. Hadir juga pada kesempatan tersebut Camat Bataguh Riduanto beserta jajaran perangkat kecamatan.

(Baca Juga : Wabup Harapkan Seluruh Masyarakat Dukung PSBB)


Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat dalam sambutannya yang disampaikan  Pj Sekretaris Daerah Kabupaten Kapuas mengucapkan selamat datang kepada Kepala Badan Pengawas Pedagangan Berjangka Komoditi beserta rombongan di Kota Air Kabupaten Kapuas yang mana Aman, Indah dan Ramah sesuai dengan semboyan Daerah yaitu Tingang Menteng Panunjung Tarung.

Andres Nuah pada kesempatan tersebut juga menjelaskan bahwa Kabupaten Kapuas merupakan Kabupaten penghasil padi terbesar di Kalimantan Tengah dengan luas tanam 100.473 hektar serta kontribusi padi Kapuas terhadap produksi padi di Kalimantan Tengah sebesar 347.694 Ton atau 45,10 persen.


“Dengan adanya sistem resi gudang ini, dapat bertujuan untuk menjaga stabilitas harga dan menjamin serta melindungi kepentingan petani secara khusus dalam hal meningkatkan perekonomian daerah,” imbuhnya.

Ia juga atas nama Pemerintah Daerah sangat mengapresiasi atas dukungan dan perhatian Pemerintah Pusat melalui Kementrian Perdagangan RI khususnya Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (BAPPEBTI) yang telah membantu sehingga Kabupaten Kapuas merupakan satu-satunya Kabupaten di Kalimantan Tengah yang menerima program pembangunan gudang dengan sistem resi gudang.

Terlebih kepada koperasi yang telah ditunjuk sebagai pengelola Gudang SRG, Bupati Kapuas dalam sambutannya berharap agar dapat mengelola secara profesional dan bersinergi dengan pihak terkait baik organisasi Perangkat Daerah, Bulog Kapuas, Asuransi maupun Perbankan dalam menjalankan sistem resi gudang sehingga mampu berkontribusi terhadap pendapatan asli daerah pada waktunya nanti.

Sementara itu, Kepala BAPPEBTI Kementrian Perdagangan RI mengungkapkan tujuan dilakukan kunjungan kerja tersebut untuk memberikan secara langsung surat persetujuan gudang Sistem Resi Gudang (SRG) yang nantinya gudang tersebut akan digunakan untuk menyimpan barang maupun hasil panen dari masyarakat sementara menunggu harga yang dominan.

Tjahya Widayanti juga berharap agar gudang tersebut dapat dimanfaatkan sebaik mungkin oleh masyarakat maupun petani untuk kedepannya dengan tujuan untuk memberikan harga yang transparan dan berdampak secara nasional.

Dalam kunjungan kerja tersebut juga dilakukan audiensi Pemerintah Kabupaten Kapuas bersama Badan Pengawas Pedagangan Berjangka Komoditi (BAPPEBTI) Kementerian Perdagangan RI serta dilakukan juga penyerahan persetujuan pengelolaan gudang SRG Koperasi Unit Desa (KUD) Terusan Jaya Kabupaten Kapuas. (hmskmf)

Gusti Mahfuz

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook