Raih Akreditasi A, Bapelkes Kalteng Jadi yang Pertama dan Satu-satunya dari 24 Bapelkes Daerah di Seluruh Indonesia

Kontribusi dari Ari Purna Prahara, 30 Oktober 2019 12:22, Dibaca 1,084 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya - Balai Pelatihan Kesehatan Provinsi Kalimantan Tengah (Bapelkes Prov. Kalteng) berhasil meraih Akreditasi A (Paripurna) dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI).

Penyerahan penghargaan dilakukan dalam acara Rapat Koordinasi program pengembangan dan pemberdayaan sumber daya manusia kesehatan tahun 2019, yang digelar di Yogyakarta, Minggu (27/10) malam.

(Baca Juga : Polda Kalteng Melakukan Pertemuan Dengan Mitra KAMTIBMAS)

Kepala Pusat Pelatihan SDM Kesehatan, BPSDM Kesehatan, Kemenkes RI dr. Ahmad Subagjo Tancarino, MARS menyerahkan secara langsung penghargaan kepada dr. Linae Tangkudung Aden, M.Kes selaku Kepala Bapelkes Prov. Kalteng.

Bapelkes Prov. Kalteng menjadi yang pertama dan satu-satunya Bapelkes milik pemerintah provinsi yang berhasil terakreditasi A dari 24 Bapelkes Daerah di seluruh Indonesia.

"Dengan demikian Bapelkes Kalteng adalah yg pertama kali dan satu-satunya Bapelkes milik pemerintah provinsi yg berhasil terakreditasi A," jelas Kepala Bapelkes Prov. Kalteng dr. Linae.

Kepala Bapelkes Prov. Kalteng mengaku bangga sekaligus mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran, Menteri Kesehatan, dan seluruh Widyaiswara dan Staf Bapelkes.

 


"Terimakasih Pak Menkes, Pak Gubernur, Pak Kadis Kesehatan dan seluruh widyaiswara dan staf Bapelkes yg luar biasa, untuk Kalteng yg semakin Berkah dibawah kepemimpinan Gubernur H. Sugianto Sabran," tuturnya.

dr. Linae menambahkan bahwa Bapelkes Prov. Kalteng juga meraih predikat kantor terbersih se pemprov. Kalteng selama 3 tahun berturut-turut.

"Bangga dengan prestasi Bapelkes kami, kantornya berpredikat terbersih se Pemprov Kalteng untuk 3 tahun berturut-turut," pungkasnya.

Bapelkes adalah institusi pemerintah pusat dan pemerintah daerah yang memberikan pendidikan dan pelatihan (diklat) dalam bidang kesehatan.

Dalam rangka menunjang diklat yang diselenggarakan tersebut pada umumnya Bapelkes memiliki berbagai sarana penunjang mulai dari ruang kelas, ruang rapat, ruang diskusi dan auditorium.

Ruangan-ruangan tersebut umumnya dilengkapi dengan sarana belajar dan mengajar baik berupa papan tulis whiteboard, kursi belajar, ruangan ber-AC atau kipas angin, pengeras suara, LCD proyektor beserta layarnya dan lain-lain.

Selain itu Bapelkes juga memiliki fasilitas penginapan bagi peserta diklat. Fasilitas penginapan yang disediakan juga bervariasi mulai dari ruangan yang dilengkapi dengan pengatur suhu ruangan, televisi, kulkas, lemari pakaian, kamar mandi di dalam, sampai dengan ruangan yang hanya menyediakan kipas angin, lemari pakaian dan kamar mandi bersama.

Bapelkes yang dimiliki oleh Pemerintah Pusat diantaranya yaitu Balai Pelatihan Kesehatan Salaman dan Balai Pelatihan Kesehatan Lemah Abang.

Selain dimiliki oleh Pemerintah Pusat, hampir semua Pemerintah Tingkat Provinsi memiliki Balai Pelatihan Kesehatan yang umumnya berada di ibu kota mereka masing-masing. (ARP/Foto:PemprovKalteng)

Ari Purna Prahara

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Kalteng Bicara Baik.
Mari Jaga Lingkungan Kita.

Facebook