Hari Sumpah Pemuda, Pemuda Saat Ini Membuka Pandangan Ke Luar Batas-Batas Tembok Kekinian Dunia

Kontribusi dari Diskominfo SP, Kab.Murung Raya, 28 Oktober 2019 11:59, Dibaca 243 kali.


MC_Murung Raya – Pemerintah Kabupaten Murung Raya (Mura) Peringati Hari Sumpah Pemuda Ke-91 tahun 2019 yang dilaksanakan di halaman kantor Bupati Mura. Senin (28/10) pagi.

Mengutip berbagai sumber, peringatan Sumpah Pemuda ini diawali pada Kongres Pemuda I pada 30 April-2 Mei 1926. Akan tetapi, saat itu rasa Persatuan dan Kesatuan belum terasa. Kemudian Kongres Pemuda kembali diselenggarakan pada 1928. Kongres Pemuda II digelar pada 27-28 Oktober 2018.

(Baca Juga : Monitoring, Evaluasi dan Pengawasan di Kecamatan Kotawaringin Lama dan Aruta)

Pada kongres tersebut, kepanitiaan Kongres Pemuda II dipimpin oleh Sugondo Djojopuspito dari PPPI (ketua), Djoko Marsaid dari Jong Java (wakil ketua), Mohammad Yamin dari Jong Sumatranen Bond (sekretaris) dan Amir Sjarifudin dari Jong Batak. Pada kongres ini pula terasa rasa persatuan dan nasionalisme. Pada kongres itu pula menghasilkan keputusan para pemuda berikrar bertumpah darah satu, Tanah Indonesia, berbangsa satu,  Bangsa Indonesia dan satu bahasa, Bahasa Indonesia.

“Kalau pemuda generasi terdahulu mampu keluar dari jebakan sikap-sikap primordial suku, agama, ras dan kultur, menuju Persatuan dan Kesatuan Bangsa, maka tugas pemuda saat ini adalah harus sanggup membuka pandangan ke luar batas-batas tembok kekinian dunia, demi menyongsong masa depan dunia yang lebih baik”. Ucap Rejikinoor saat menyampaikan Pidato Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia. (DiskominfoSP_MC: Anr).

Diskominfo SP, Kab.Murung Raya

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook