Pembahasan Perwali Untuk Acuan Pemungutan Pajak dan Restribusi

Kontribusi dari Martiana Winarsih, 10 Oktober 2019 20:04, Dibaca 159 kali.


MMCKalteng, Palangka Raya – Pembahasan Final Peraturan Walikota Palangka Raya tentang Pajak Daerah, Retribusi Daerah dan tata cara pemeriksaan pajak daerah di Aula Peteng Karuhei II Kantor Walikota Jalan Tjilik Riwut Km 5,5 Palangka Raya, Rabu (9/10/2019).

(Baca Juga : Polres Pulang Pisau Imbau Euphoria Pelantikan Kades Tak Berlebihan)

Dalam rapat pembahasan plt Asisten I Sekda  Kota Palangka Rsya, Murni menyampaikan, “Tiga peraturan Walikota yang dibuat harus melalui tahapan pembahasan seperti ini. Pelaksanaan sebuah perda ditindak lanjuti dengan Peraturan Walikota”.

Dan disampai juga “Terkait agenda yg baru  dilaksanakan, kita membahas tata cara  pungutan pajak retribusi daerah kota Palangka Raya berikut persyaratannya”. Perwali ini nanti akan jadi acuan didalam pelaksanaan pemungutan hal-hal yang terkait dengan pajak dan retribusi oleh petugas pajak yang nanti dikoordinir oleh Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah kota Palangka Raya.

Dan diharapankan dengan adanya peraturan Walikota Palangka Raya petugas-petugas pajak di lapangan mendapat payung hukum pelaksanaan tugas, sehingga tidak ada keraguan lagi bagi petugas pajak.

Disisi lain dengan Peraturan Walikota ini wajib pajak juga diberikan kepastian tentang hak dan kewajiban yang harus dipenuhi, terkait pajak dan retribusi yang menjadi bebannya. Jadi kepastian itu penting karena dari sisi pemerintah memungut dan dari sisi wajib pajak membayar. Dua komponen ini dengan memegang peraturan yang sudah pasti, kami berharap kedepan Pendapatan Asli Daerah (PAD) kota Palangka Raya dari sektor Pajak dan Retribusi bisa ditingkatkan, ungkap Murni mengakhiri wawancara dengan media. (MC. Isen Mulang)

 

Martiana Winarsih

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Mari Jaga Lingkungan Kita.
Kalteng Bicara Baik.

Facebook