Bangga Bayar Pajak

Kontribusi dari Martiana Winarsih, 03 Oktober 2019 20:48, Dibaca 166 kali.


MMCKalteng, Palangka Raya – Acara temu wajib pajak dan sosialisasi peraturan daerah kota Palangka Raya tentang Pajak dan Retribusi daerah tahun 2019 oleh Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah (BPPRD) Kota Palangka Raya di Ballroom M Bahalap Hotel Jalan RTA Milono  Km 1,3 Palangka Raya, Kamis (3/10/2019).

(Baca Juga : Formasi Dokter Spesialis Prioritas Pemko Palangka Raya)

Kepala Inspektorat kota Palangka Raya Alman P. Pakpahan sebagai salah satu narasumber dalam talkshow ini menyampaikan bahwa Pajak itu layaknya tulang punggung manusia. Kalau ingin Kota Palangka Raya berdiri tegak, maka harus ditopang dengan tulung punggung yang kuat.

Alman menjelaskan pajak adalah kontribusi wajib kepada daerah yang terutang oleh orang pribadi atau badan yang bersifat memaksa berdasarkan Undang-undang, dengan tidak mendapatkan imbalan secara langsung dan digunakan untuk keperluan daerah bagi sebesar-besarnya kemakmuran rakyat, ungkap Alman.

Dan ketentuan dalam Perda paling sedikit mengatur, nama Objek Pajak dan subjek pajak, tarif, cara perhitungan, wilayah pungutan, masa pajak, tata cara membayar dan menagih, sanksi administrasi dan tanggal mulai berlakunya.

Mengapa kita harus bayar pajak daerah?” Alman menanyakan pada audiensi, dari sisi manfaat penyelengara pemerintah dana untuk layanan dasar pendidikan, kesehatan, bantuan sosial, gaji aparatur pemerintah dan pembangunan daerah, pembangunan jalan, sekolah, pasar, penerangan jalan, irigasi, dan fasilitas umum lainnya. Sehingga kita harus Bangga membayar pajak karena untuk membangun daerah. (MC. Isen Mulang)

 

Martiana Winarsih

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Mari Jaga Lingkungan Kita.
Kalteng Bicara Baik.

Facebook