Wakil Bupati Pantau Posko Siaga Karhutla Barito Utara

Kontribusi dari Diskominfo Barito Utara, 23 September 2019 13:44, Dibaca 45 kali.


MMCKalteng - Muara Teweh - Bencana kabut asap yang melanda sebagian wilayah Sumatera dan Kalimantan yang disebabkan oleh pembakaran hutan dan lahan (Karhutla) mengakibatkan pencemaran udara dan mengganggu pernapasan. Selain itu, kabut asap juga mengganggu aktivitas warga masyarakat. Demikian juga halnya di Kabupaten Barito Utara, kabut asap mengakibatkan terganggunya aktivitas masyarakat.

Guna penanggulangan bencana tersebut, Pemerintah Kabupaten Barito Utara melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Dinas perhubungan, Satpol PP dan pemadam kebakaran, dan dinas intansi terkait lainya bekerjasama dengan TNI/Polri mendirikan Posko Pengamanan Siaga Karhutla.

Wakil Bupati Barito Utara, Sugianto Panala Putra didampingi Sekretaris Daerah Ir. H. Jainal Abidin, M. AP, dan beberapa pimpinan instansi terkait melakukan peninjauan terhadap posko pengamanan siaga karhutla.

(Baca Juga : Upaya Peningkatan Disiplin Kerja ASN Seruyan)

Adapanpun pos pengamanan yang menjadi tempat kunjungan Rombongan Wakil Bupati yaitu Pos Siaga Karhutla yang berada di halaman Polres Barito Utara sekaligus mengikuti Apel Siaga Darurat Karhutla.

Sembari mengunjungi Pos Siaga Karhutla, Sugianto Panala Putra, mengatakan optimis bahwa kabut asap akibat kebakaran hutan di beberapa titik spot bisa dikurangi dengan dukungan dari petugas dan peran serta masyarakat.

"Semoga kebakaran hutan yang mengakibatkan kabut asap dapat kita minimalisirkan, mengingat tim pengamanan bersiaga 24 jam di posko dan kami harapkan peran serta aktif dari masyarakat yang membantu, baik dengan melaporkan maupun dengan tidak membakar lahan dalam membuka lahan pertanian," harap Wakil Bupati.

Wakil Bupati Barito Utara juga tak lupa mengingatkan kepada petugas untuk tetap menjaga stamina dan kebugaran. "Hal ini, mengingat kondisi dan cuaca sering berubah-ubah. Mohon kepada para petugas untuk dapat menjaga kesehatan," tutup Sugianto Panala Putra. (Nadi Forester / BARUT - Foto: Diskominfobarut)

Diskominfo Barito Utara

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook