Konferensi Pers Penanganan Tanggap Darurat Karhutla Digelar di Media Center

Kontribusi dari Ari Purna Prahara, 20 September 2019 13:54, Dibaca 1,792 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya - Media Center Pos Komando Penanganan Tanggap Darurat Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) Prov. Kalteng Tahun 2019, yang bertempat di Lantai 2 Kantor Gubernur Kalteng menggelar konferensi pers, Jumat (20/9).

Turut hadir sebagai narasumber Kepala Dinas Pendidikan Prov. Kalteng Dr .H. Slamet Winaryo, M.Si, Kepala Dinas Kesehatan Prov. Kalteng dr. Suyuti Syamsul, MPPM, Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Doris Sylvanus Palangka Raya drg. Yayu Indriaty, Sp. KGA, serta Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian, dan Statistik Provinsi Kalimantan Tengah (Diskominfo Prov. Kalteng) Ir. Herson B. Aden., M.Si selaku moderator.

(Baca Juga : TP-PKK Kalteng Gelar Bimtek Yang diisi Dengan Sosialisasi Pola Asuh Anak Dan Remaja, Sosialisasi Pemanfaatan Pekarangan melalui HATINYA PKK Serta Sosialisasi Stunting)

Kadis Kesehatan Prov. Kalteng menyampaikan bahwa jumlah Penderita ISPA pada minggu ke 37 sebanyak 3.394 orang mengalami kenaikan 495 orang, dari minggu ke 36 sebanyak 2.899 orang.

Sementara untuk langkah-langkah yang telah dilakukan dalam penanggulangan bencana Karhutla sektor kesehatan Provinsi Kalimantan Tengah tanggal 20 September 2019 sampai dengan pukul 00.00 WIB adalah sebagai berikut :

1. Penguatan jejaring layanan kesehatan antara Dinas Kesehatan Provinsi, Kabupaten-Kota, Rumah Sakit dan Kantor Kesehatan Pelabuhan.


2. Pengaktifan Posko Pelayanan Kesehatan di Pusdalops BPBPK.

3. Pembentukan Emergency Mobile Team yang memberikan pelayanan kesehatan kepada petugas lapangan dan penduduk sekitar yang terdampak. Total warga masyarakat yang telah dilayani sejak bulan Agustus sampai saat ini berjumlah 400 orang.

4. Mengaktifkan tim reaksi cepat (TRC)/tim bencana di rumah sakit se-Kalimantan Tengah.

5. Mengaktifkan pos polayanan lini satu diseluruh Puskesmas di Kalimantan Tengah.

6. Membuat ruang sehat dengan oksigen di 194 tempat se-Kalimantan Tengah baik yang berlokasi di ; Puskesmas = 159 buah, Rumah Sakit = 20 buah maupun ruangan-ruangan lain yang memungkinkan sebanyak = 15 Buah. Serta terdapat 3 (tiga) tempat ruang sehat yang menyediakan tempat khusus untuk anak balita. (Daftar terlampir)


7. Ruang sehat secara keseluruhan telah melayani 803 orang. (data terlampir)

8. Mobil oksigen bergerak sebanyak 5 (lima) buah dengan rincian 2 (dua) bis dan 3 (tiga) ambulance. Dalam dua hari terakhir beroperasi telah melayani 257 orang di berbagai titik kumpul massa yang jauh dari lokasi ruang sehat.

Masih di tempat yang sama, Direktur RSUD dr. Doris Sylvanus Palangka Raya drg. Yayu Indriaty, Sp. KGA menyampaikan bahwa jumlah Kasus ISPA dan gangguan pernafasan lainnya (Asma, PPOK, Bronkhitis, Pneumonia) pada bulan Agustus sebanyak 229 orang dan bulan September hingga tanggal 19 September 2019 pukul 14.00 WIB berjumlah 574 orang.

"Dengan rincian, dilayani melalui IGD 218 orang, Rumah Oksigen sebanyak 356 orang dengan berbagai macam rentang usai," kata Yayu.

Layanan Rumah Oksigen dibuka sejak tanggal 13 Agustus 2019 bertempat di Gedung IKR lantai 1 dengan kapasitas 14 Tempat Tidur, tidak dipungut biaya alias gratis.

"Waktu Layanan 24 jam. RSUD juga menyiapkan rumah singgah atau rumah tampung jika terjadi bencana yang mengakibatkan masyarakat terkepung kabut asap, bekerja sama dengan Dinas Sosial dan lintas SOPD terkait, bertempat di Gedung IKR lantai 2, Gedung MCU Lantai 1 dengan Kapasitas daya tampung 100 orang," jelasnya.

Kepala Diskominfo Prov. Kalteng Ir. Herson B. Aden., M.Si mengatakan bahwa Media Center Pos Komando Penanganan Tanggap Darurat Karhutla Prov. Kalteng Tahun 2019 akan menjadi corong informasi untuk publik dan media.

"Hari ini kita telah melakukan konferensi pers dengan narasumber Kepala Dinas Kesehatan Prov. Kalteng, Kepala Dinas Pendidikan Prov. Kalteng, dan Direktur RSUD dr. Doris Sylvanus, agar pers dan masyarakat bisa mengetahui kondisi aktual dari penanganan Karhutla di sektor kesehatan dan pendidikan," kata Herson usai menjadi moderator konferensi pers di ruang Media Center.

Herson menjelaskan bahwa konferensi pers di Media Center juga akan disiarkan langsung melalui akun media sosial Diskominfo Kalteng seperti Facebook melalui akun MMCtv Kalteng dan Instagram @diskominfokalteng.

"Konferensi pers ini kita siarkan langsung di media sosial kita yaitu di Facebook MMCtv Kalteng dan Instagram @diskominfokalteng, hal ini dilakukan agar masyarakat bisa mendapat informasi yang aktual mengenai kondisi penanganan karhutla yang dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah," ujarnya. (ARP/Foto:Asep)

Ari Purna Prahara

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook