Prakiraan Cuaca Mingguan Wilayah Kalteng 19-25 September 2019

Kontribusi dari Ari Purna Prahara, 19 September 2019 18:55, Dibaca 1,235 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi kelas I Tjilik Riwut Palangka Raya keluarkan prakiraan cuaca mingguan wilayah Kalimantan Tengah (Kalteng) yang berlaku mulai tanggal 19-25 September 2019.

A. Kondisi Umum : Kondisi atmosfer secara umum yang terpantau pada tanggal 19 September 2019 adalah sebagai berikut:

(Baca Juga : Gubernur Kalteng Harapkan Pawai Takbir Menjadi Media Untuk Mempererat Tali Silaturahmi)

a) Tekanan udara di wilayah Indonesia pada umumnya berkisar antara 1010 - 1014 hPa. Angin di wilayah Indonesia bagian utara umumnya bertiup dari arah Selatan - Barat Daya, sedangkan untuk wilayah Indonesia bagian selatan arah angin bertiup dari arah Timur - Tenggara.

b) SOI : -12.6 (tidak signifikan < +7) —> Suplai uap air bergerak dari Pasifik Barat ke Pasifik Timur, aktivitas potensi pembentukan awan hujan di wil. Indonesia Timur tidak signifikan.

c) Indeks ENSO di NINO3.4 : -0.15 (normal ±0.5) —> Tidak signifikan terhadap peningkatan hujan harian di wilayah Indonesia.

d) DMI : +1.02 (normal ±0.4) —> Suplai uap air dr wil. S. Hindia ke wil. Indonesia bag. barat tidak signifikan (aktivitas pembentukan awan di wil. Indonesia bag. barat tidak signifikan)

e) MJO : Kuadran 8 (Western Pacific) —> Tidak berkontribusi terhadap proses pembentukan awan hujan di Indonesia.

f) Indeks Surge : +9.2 (normal < +10) —> Aliran massa udara dingin ke wil. Indonesia bag. barat tidak signifikan.

g) Belokan angin dan konvergensi : Daerah potensi pertumbuhan awan hujan di wilayah Aceh, Sumut, Sumbar, Riau, Kaltara, dan Papua.

h) SST anomali : Ada potensi penguapan (penambahan massa uap air) di L. Cina Selatan, Per. Halmahera, dan Tlk. Cendrawasih.


i) Kondisi cuaca umumnya berawan hingga hujan ringan, berpotensi hujan sedang hingga lebat di wilayah Kalimantan Tengah. Suhu udara berkisar antara 20 – 34 °C. Kelembaban udara berkisar antara 50 – 100%. Angin umumnya bertiup dari arah Tenggara hingga Barat Daya dengan kecepatan berkisar antara 5 – 20 km/jam.

B. Prakiraan Cuaca :

1. Wilayah Kalimantan Tengah bag. Utara (Murung Raya, Barito Utara, Gunung Mas, Katingan bag. Utara, Seruyan bag.Utara, Kapuas bag. Utara)

19 – 21 September 2019 : Umumnya berawan hingga hujan ringan/lokal, berpotensi hujan sedang hingga lebat

22 – 25 September 2019 : Umumnya berawan hingga hujan ringan/lokal, berpotensi hujan sedang hingga lebat

2. Wilayah Kalimantan Tengah bag. Timur (Barito Timur, Barito Selatan, Kapuas bag. Tengah)

19 – 21 September 2019 : Umumnya berawan hingga hujan ringan/lokal

22 – 25 September 2019 : Umumnya berawan hingga hujan ringan/lokal

3. Wilayah Kalimantan Tengah bag. Selatan (Pulang Pisau bag. Selatan, Kapuas bag. Selatan, Katingan bag. Selatan, Kotawaringin Timur bag. Selatan, Seruyan bag. Selatan)

19 – 21 September 2019 : Umumnya berawan hingga hujan ringan/lokal


22 – 25 September 2019 : Umumnya berawan hingga hujan ringan/lokal

4. Wilayah Kalimantan Tengah bag. Barat (Lamandau, Sukamara, Kotawaringin Barat)

19 – 21 September 2019 : Umumnya berawan hingga hujan ringan/lokal

22 – 25 September 2019 : Umumnya berawan hingga hujan ringan, berpotensi hujan sedang hingga lebat

5. Wilayah Kalimantan Tengah bag. Tengah (Palangka Raya, Katingan bag. Tengah, Pulang Pisau bag. Utara, Kotawaringin Timur bag. Utara)

19 – 21 September 2019 : Umumnya berawan hingga hujan ringan/lokal

22 – 25 September 2019 : Umumnya berawan hingga hujan ringan, berpotensi hujan sedang hingga lebat

Update: 19 September 2019, pukul 09.00

C. Prospek Tinggi Gelombang Prospek tinggi gelombang mingguan di wilayah Perairan selatan Kalimantan Tengah berpotensi sekitar 1.25 - 2.50 m yang masuk pada kategori Sedang (Moderate).

D. Peringatan Dini

a) Waspada potensi hujan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir/kilat dan angin kencang di wilayah Kalimantan Tengah bagian Utara, Barat dan Tengah pada tanggal 21 – 25 September 2019.

b) Waspada potensi kemudahan terjadinya kebakaran hutan dan lahan di wilayah Kalimantan Tengah ditinjau dari parameter cuaca. Dihimbau kepada masyarakat agar tidak melakukan upaya pembersihan dan pembukaan lahan dengan cara dibakar.

c) Waspada potensi penurunan jarak pandang (visibility) akibat asap kebakaran hutan dan lahan di wilayah Kalimantan Tengah.

d) Waspada potensi penurunan kualitas udara akibat peningkatan polusi udara karena asap yang berasal dari kebakaran hutan dan lahan terutama wilayah kawasan gambut di wilayah Kalimantan Tengah. Dihimbau kepada masyarakat Kalimantan Tengah agar selalu menggunakan penutup wajah/masker ketika melakukan kegiatan di luar ruangan, terutama untuk masyarakat kategori sensitif, seperti: balita / anak-anak, wanita hamil, orang tua usia lanjut, orang-orang yang memiliki riwayat gangguan pernapasan dan kardiovaskuler.

e) Waspada potensi gelombang tinggi berkisar antara 1.25 – 2.50 meter yang berpotensi terjadi di wilayah perairan selatan Kalimantan Tengah.

Dihimbau bagi masyarakat pesisir agar lebih berhati-hati ketika sedang beraktivitas di laut. Untuk keperluan perencanaan dalam kegiatan operasional, agar kembali menghubungi Stasiun Meteorologi Tjilik Riwut Palangka Raya sebagai antisipasi pembaharuan (updating) dari prakiraan cuaca mingguan. (ARP/Foto:Asep)

Ari Purna Prahara

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook