Tangani Karhutla Kalteng, Pemerintah Siapkan Pesawat Penyemai Hujan Buatan

Kontribusi dari Ari Purna Prahara, 17 September 2019 22:44, Dibaca 236 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya - Saat ini pemerintah terus berupaya menanggulangi dampak Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) yang kian mengkhawatirkan di berbagai wilayah Indonesia, termasuk di Provinsi Kalimantan Tengah (Prov. Kalteng).

Salah satu upaya pemerintah adalah melakukan Teknologi Modifikasi Cuaca untuk menghasilkan hujan buatan dengan menggunakan pesawat penyemai, mengingat musim kemarau diperkirakan masih berlangsung sampai akhir Oktober.

Pagi ini Pesawat CN 295 A 2931 milik TNI AU tiba sekitar pukul 09.45 WIB di Bandar Udara Tjilik Riwut Palangka Raya, Selasa (17/09/2019).

Pesawat ini khusus dipersiapkan untuk menyemai awan menjadi hujan di wilayah Kalimantan Tengah. Siang ini pesawat tersebut akan terbang mengangkut sekitar 1.500 kilogram garam sintetis untuk ditaburkan guna penyemaian hujan buatan.

(Baca Juga : Gubernur Dampingi Presiden Jokowi di Setiap Agenda Kunjungan Selama di Kalteng)

Pesawat yang telah dimodifikasi khusus tersebut diperuntukkan untuk menyemai zat higroskopis, seperti garam dapur (NaCl) dan CaCl2, di bibit awan yang berpotensi turunnya hujan. Garam-garam tersebut harus berbentuk butiran halus dengan diameter 10-50 mikron. Nantinya, garam akan membentuk titik-titik uap air.

[Tim Komunikasi Publik Kalteng, Penulis:NY, Editor Teks:SSS, Foto:SGT]

Ari Purna Prahara

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Kalteng Bicara Baik.
Mari Jaga Lingkungan Kita.

Facebook