Jambore PKK untuk Kader Penggerak PKK

Kontribusi dari Gusti Mahfuz, 02 September 2019 14:27, Dibaca 485 kali.


Pembangunan akan berhasil dengan efektif apabila ada fasilitas kemudahan-kemudahan dan sistem pelayanan yang disediakan pemerintah disertai dengan partisipasi aktif seluruh masyarakat. Untuk melaksanakan program pemberdayaan masyarakat tersebut diperlukan penggerak yang akan melaksanakan program-program pemerintah dalam pembangunan. Dalam pemberdayaan masyarakat, masyarakatlah yang menjadi aktor utama dan penentu pembangunan. Salah satu penggerak yang dapat melaksanakan program pemberdayaan masyarakat tersebut adalah Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) di setiap jenjang. 

PKK menjadi mitra pemerintah dalam menjalankan kebijakan dan program yang dibuat pemerintah. PKK sebagai gerakan untuk pemberdayaan masyarakat. Kader PKK dapat menyampaikan pesan pembangunan dan menggerakkan keluarga agar melaksanakan 10 Program Pokok PKK. 10 Program Pokok PKK tersebut berisi kegiatan yang bermanfaat dan bersentuhan langsung dengan pemberdayaan ekonomi dan karakter keluarga. Keluarga merupakan pondasi awal dan modal dasar pembangunan, serta sebagai lingkungan sosial pertama dalam kehidupan.

(Baca Juga : THR untuk Kebersamaan)


Program PKK terkait dengan penghayatan dan pengamalan Pancasila yang dilaksanakan dengan baik. Program gotong royong dilaksanakan dengan baik dengan adanya koordinasi antarpengurus. Semangat kebersamaan para kader serta pengurus PKK baik tingkat kota, kecamatan, maupun kelurahan dapat terus terjalin dan diharapkan dapat terus berperan aktif dalam mendukung pembangunan. Kebersamaan para kader ini dapat menghasilkan prestasi yang diraih. Hal tersebut sudah dilakukan oleh TP PKK Kapuas berhasil meraih juara umum untuk kelima kalinya, yaitu juara harapan dua lomba penyuluhan Pokja 4, juara satu lomba penyuluhan Pokja 3, juara dua lomba penyuluhan Pokja 2, juara satu lomba penyuluhan sekretariat peran dasawisma, juara tiga lomba senam kreasi, juara satu lomba defile dan juara favorit lomba fashion show ketua TP PKK Kabupaten/Kota se-wilayah Provinsi Kalteng.

PKK Kapuas meraih juara umum dalam kegiatan Jambore Kader PKK Tingkat Provinsi Kalimantan Tengah tahun 2019 ini membuktikan bahwa kader PKK siap menjadi motor penggerak dan motivator pembangunan di tengah-tengah keluarga. Pelaksanaan Jambore PKK diharapkan para kader dan pengurus dapat meningkatkan pengetahuan, kemampuan, motivasi dan peran serta Tim dan kader Penggerak PKK dalam pemberdayaan dan pembinaan masyarakat ke depan. 

Pemberdayaan masyarakat melalui gerakan PKK sebagai upaya memandirikan masyarakat dan bertujuan meningkatkan kesejahteraan. Faktor pendukung pelaksanaan program melalui kerja sama dari lintas sektor, dana, fasilitas, dan semangat yang tinggi dari pengurus, pengetahuan/SDM kader, sarana dan prasarana, dana operasional di PKK kecamatan dan kelurahan, dan totalitas pengurus. Seluruh kader PKK dapat menjadikan kegiatan jambore PKK sebagai wadah memupuk kebersamaan dan ajang silaturahmi, saling berbagi pengalaman sekaligus sebagai ajang meningkatkan kemampuan yang ada pada setiap kader. 

Upaya dapat membina masyarakat secara langsung dan menjangkau sasaran yang lebih luas. Untuk itu diperlukan program-program pemberdayaan masyarakat dan terencana dengan baik. Usulan masyarakat menjadi dasar untuk program pembangunan lokal, regional, dan nasional. Usulan tersebut berupa program pendidikan dan keterampilan serta pengembangan kehidupan program pangan, sandang, dan tata laksana rumah tangga, kesehatan, dan pengembangan kehidupan berkoperasi. Pembinaan PKK berhubungan langsung dengan masyarakat dan memiliki andil besar dalam membina dan memaksimalkan anggota melalui para kadernya. (syat)

Gusti Mahfuz

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Kalteng Bicara Baik.
Mari Jaga Lingkungan Kita.

Facebook