Gubernur Kalteng Harapkan Pengurus Dekranasda se-Kalteng Bekerja Secara Maksimal dalam Membina dan Mengembangkan Industri Kerajinan

Kontribusi dari Ari Purna Prahara, 31 Agustus 2019 23:28, Dibaca 346 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya - Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Kalimantan Tengah (Prov. Kalteng) Tahun 2019 secara resmi dibuka.

Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran yang diwakili oleh Staf Ahli Gubernur Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia Yuel Tanggara secara resmi membuka Rakerda Dekranasda yang digelar di Ball Room Hotel Aquarius, Sabtu (31/8).

(Baca Juga : Sekda Fahrizal Fitri Membuka Pelaksanaan Pasca Musrenbang Provinsi Kalteng Tahun 2021)


Gubernur Kalteng menyambut baik dengan diadakannya Rakerda ini, yang tujuannya untuk menggali, melestarikan dan mengembangkan dan proses pembinaan dalam peningkatan produk kerajinan, khususnya batik khas Kalteng atau yang biasa kita sebut benang bintik dan kerajinan anyaman rotan, sehingga diharapkan mampu menjadi produk primadona dan menjadi nilai tambah dalam rangka mendorong ekonomi di Kalteng.

"Untuk mewujudkan tujuan tersebut maka kegiatan ini menjadi sangat penting dalam menyokong dan mendorong pelaku usaha IKM kerajinan serta meningkatnya daya saing produk unggulan daerah," ucap Gubernur Kalteng dalam sambutan tertulis yang dibacakan oleh Staf Ahli Gubernur Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia Yuel Tanggara.


Lebih lanjut Gubernur menyampaikan bahwa Provinsi Kalimantan Tengah ini memiliki luas wilayah terluas kedua di Indonesia setelah Provinsi Papua atau memiliki luas kurang lebih satu setengah kali luas pulau Jawa.

"Wilayah yang sedemikian luas tersebut patut kita syukuri bersama, karena memiliki potensi sumber daya alam yang begitu besar, mulai dari potensi kawasan perairan, potensi di bawah permukaan, hingga potensi sumber daya diatas permukaan Bumi tercinta Isen Mulang ini," tuturnya.

"Kesemuanya itu disamping menjadi kebanggaan, tentulah memiliki tantangan tersendiri bagaimana kita mengkonversikan segenap sumber daya alam yang kita miliki tersebut menjadi bernilai ekonomis tinggi bagi kesejahteraa masyarakat Kalimantan Tengah, khususnya bahkan mampu berkontribusi secara ekonomi bagi pembangunan Nasional," jelasnya.

Gubernur juga menyampaikan kepada pengurus Dekranasda se Kalimantan Tengah agar bekerja secara maksimal dalam membina dan mengembangkan industri kerajinan sehingga akhirnya Kalteng Berkah bisa terwujud. (ARP/Foto:Asep)

Ari Purna Prahara

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Mari Jaga Lingkungan Kita.

Facebook