Bupati Kapuas Hadiri Rakernas APKASI

Kontribusi dari Gusti Mahfuz, 21 Agustus 2019 15:12, Dibaca 697 kali.


MMCKalteng - Kapuas - Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat hadir dalam acara Rapat Kerja Nasional Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) tahun 2019 bertempat di Nusa Dua Convention Center II Bali, Rabu (21/8) pagi.

Rakernas dibuka langsung oleh Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo yang diwakili oleh Sekretaris Jenderal Kemendagri Hadi Prabowo dan akan berlangsung selama tiga hari yang dihadiri oleh Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo, Ketua Dewan Pembina Apkasi Mardani H. Maming dan Ketua Umum APKASI H. Abdullah Azwar Anas.

(Baca Juga : Dorong Peran Umat Hindu Kaharingan Dalam Pembangunan)

Kegiatan tersebut juga dirangkai dengan Apkasi smart regency expo dan forum 2019 dengan tema "Menuju Kabupaten Cerdas Melalui Digitalisasi Pelayanan Publik" bertempat di Hotel Aston Denpasar Bali.

Mendagri Tjahjo Kumolo dalam sambutannya yang dibacakan oleh Hadi Prabowo menegaskan Smart  Regency mampu memenuhi kebutuhan didaerah dalam berinovasi meningkatkan pemanfaatan teknologi informasi sehingga  pelayanan publik akan efektif dan efisien. "Dengan pemanfaatan teknologi yang maksimal yang terintegrasi dan didukung SDM yang berkualitas akan meciptakan pelayanan yang baik pula," paparnya.

Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat yang juga Ketua Koordinator Bidang Kerjasama APKASI yang hadir dalam Rakornas APKASI tersebut menegaskan untuk memaksimal pemasaran produk-produk unggulan kapuas melalui penjualan online melalui Bukalapak serta pemanfaatan sistem digitalisasi dalam pelayanan publik.

"APKASI saat ini sudah MoU dengan CEO Bukalapak, seluruh Kabupaten di Indonesia dapat memanfaatkan penjualan Online Bukalapak begitu juga Kabupaten Kapuas, saya harapkan melalui seluruh OPD Kabupaten Kapuas khususnya Dinas Perindagkop agar dapat membuat terobosan melalui penjualan online melalui Bukalapak," katanya disela Rakornas APKASI.

Dia juga menambahkan di era digitalisasi ini melalui smart rigency Kapuas khususnya Dinas Kominfo agar jangan ketinggalan dengan Kabupaten lain dalam hal teknologi, memaksimalkan jaringan integrasi yang sudah kita bangun dilingkungan OPD untuk pengelolaan bandwidth internet dan layanan aplikasi agar efektif dan efisien.

Begitu juga hadir Plt. Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Kapuas H. Junaidi yang beberapa waktu lalu dilantik Plt. Dinas Kominfo Kabupaten Kapuas mendampingi Bupati Kapuas Kegiatan Rakornas APKASI siap mendukung program Apkasi dengan menselaraskan visi pemerintah pusat terkait pembangunan sumber daya manusia (SDM) di daerah untuk meningkatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam meningkatkan pelayanan publik.

"Untuk mewujudkan Kabupaten yang berkonsep smart city dalam mengintegrasikan teknologi informasi dan komunikasi dengan tujuan efisiensi, memperbaiki pelayanan publik dalam meningkatkan kesejahteran masyarakat perlu juga didukung dengan SDM yang handal," ujar H. Junaidi.

H. Junaidi yang juga Ketua ICMI Kapuas menambahkan kedepan Dinas Kominfo siap menjadi corong informasi  bagi pemerintah daerah  serta pengembangan teknologi pemerintah melalui Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) sesuai amanat Perpres 95 Tahun 2018 tentang SPBE. (hmskmf)

Gusti Mahfuz

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook