Pemkab Kobar Salurkan Bantuan Alsintan kepada Petani

Kontribusi dari Diskominfo Kobar, 26 Agustus 2021 10:25, Dibaca 362 kali.


MMCKalteng - Kotawaringin Barat Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) melalui Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan (TPHP) bersama Anggota Komisi IV DPR RI Bambang Purwanto merealisasikan aspirasi bagi petani Kobar dalam bentuk bantuan Alat Mesin Pertanian (Alsintan) pada Kamis (26/8/2021). Kegiatan Penyerahan Alsintan dilaksanakan di Dinas TPHP dan dihadiri oleh Wakil Bupati Kobar Ahmadi Riansyah, Unsur Forkopimda, Ketua Komisi B DPRD, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda, Kepala Bappeda, Kepala BPKAD, PPL WKPP Poktan/Gapoktan/KWT (Kelompok Wanita Tani)/ UPJA (Usaha Pelayanan Jasa Alsintan) Penerima Alsintan serta Ketua Poktan/Gapoktan/KWT/UPJA penerima hibah Alsintan.

“Sejalan dengan pesatnya perkembangan teknologi bidang Alsintan serta meningkatnya permintaan Alsintan terutama oleh petani, sedangkan di sisi lain harga Alsintan yang umumnya belum terjangkau petani, kami berupaya membantu dan menyampaikan suara petani kepada pemerintah demi meningkatkan produktivitas petani khususnya di Kabupaten Kotawaringin Barat,” tutur Kris Budi selaku Kepala Dinas TPHP Kobar.

(Baca Juga : Anggota DPRD Pulang Pisau Setuju Jika Pemerintah Blokir Facebook)

Kris menambahkan bahwa ada beberapa permasalahan pembangunan pertanian di Kabupaten Kobar, diantaranya alih fungsi lahan pertanian, rusak infrastruktur/jaringan irigasi, tingginya susut hasil, disparitas harga, pemanfaatan alsintan belum maksimal, dan semakin menurunnya minat generasi muda pada bidang pertanian terutama pangan. Demi menuntaskan permasalahan-permasalahan tersebut, lanjut Kris, pemerintah mengupayakan sebisa mungkin hal-hal demi membantu petani dalam produktivitas. Salah satunya dengan mengadakan Alsintan untuk para petani Kabupaten Kobar dengan harapan akan menunjang petani hingga hasil produktivitas maksimal.

“Sumber dana kita berasal APBN yang mana terdiri dari Regular dan Aspirasi Anggota Komisi IV DPR RI, sehingga diadakan penyerahan Alsintan yang harganya tidak main-main. Maka dari itu diharapkan digunakan sebagaimana mestinya dan tidak mengecewakan penyalur bantuan,” ujar Kris.

Bantuan Alsintan prapanen yang diserahkan ialah 3 unit traktor roda empat, 3 unit traktor roda dua, 30 unit pompa air, 9 unit cultivator, 5 unit hand sprayer elektrik, yang semuanya tersebar di 31 Desa dan 6 Kecamatan di Kabupaten Kobar. Wakil Bupati Kabupaten Kobar, Ahmadi Riansyah yang hadir mewakili Bupati mengapresiasi kegiatan Penyaluran Alsintan demi peningkatan produktivitas petani.

“Dinas TPHP harus mengadakan sosialisasi atau penyuluhan untuk para petani kita mengenai pengelolaan Alsintan sebaik mungkin dan tidak dialih fungsikan seperti yang lalu-lalu karena kurangnya pengetahuan mengenai alat yang mereka punya,” imbau Ahmadi.

Ahmadi juga menyampaikan bahwa pada dasarnya tujuan utama sektor pertanian ialah hasil pertanian itu sendiri, sehingga hendaknya para petani memperhatikan hasil panen mereka semaksimal mungkin. Pemerintah telah mendukung dengan berbagai faktor dan salah satunya dengan diadakannya bantuan Alsintan ini.

“Kami percayakan kepada para petani sekalian agar mampu memanfaatkan, merawat dan menjaga semaksimal mungkin karena ini untuk para petani pula demi mendapatkan hasil yang benar-benar maksimal,” tutup Ahmadi. (dtphp kobar)

Diskominfo Kobar

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook