Gubernur Kalteng Himbau Masyarakat Agar Tidak Membakar Hutan, Lahan, serta Pekarangan

Kontribusi dari Ari Purna Prahara, 17 Agustus 2019 13:33, Dibaca 379 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya - Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) H. Sugianto Sabran menerangkan bahwa Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kalimantan Tengah menyatakan bahwa saat ini wilayah Provinsi Kalimantan Tengah memasuki musim kemarau.

"Kondisi cuaca demikian dan karekteristik geografi serta Topografi yang didominasi tanah gambut rentan terbakar sehingga petensi terjadi kebakaran sangat tinggi," ucap Gubernur Kalteng dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Kepala Dinas Perhubungan Kalteng Ati Mulyati.

(Baca Juga : Peringkat Dua, Terobosan Gubernur Sugianto Tingkatkan Indeks Pertumbuhan Ekonomi Kalteng)


Hal ini disampaikannya saat Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun ke-74 Republik Indonesia (RI) oleh Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian, dan Statistik Provinsi Kalimantan Tengah (Diskominfo Prov. Kalteng) bersama Dinas Perhubungan (Dishub) Prov. Kalteng. Upacara digelar di halaman Kantor Dishub, Jl. S. Parman, Palangka, Kec. Jekan Raya, Kota Palangka Raya, pada pukul 07.00 WIB, Sabtu (17/8/2019).

"Memasuki kondisi iklim yang ekstrim kami menghimbau kepada semua lapisan masyarakat agar tidak membakar hutan dan lahan serta pekarangan," tegasnya.


"Saya kembali mengingatkan kepada Saudara Bupati/Walikota dan jajaran sebagai penyelenggara pemerintahan di daerah dan sebagai penanggungjawab utama penanggulangan bencana di wilayahnya, agar segera mengaktifkan Pos Komando (Posko) Terpadu tingkat Kabupaten/Kota dan diikuti oleh Posko-Posko di masing-masing tingkat Kecamatan dan Desa/Kelurahan, mencermati dan mewaspadai wilayah-wilayah yang rawan terjadinya kebakaran melakukan deteksi dini dan pemadaman dini kebakaran hutan, lahan dan pekarangan dengan mengerahkan sumberdaya yang ada," jelasnya. (ARP/Foto:xcv)

Ari Purna Prahara

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Mari Jaga Lingkungan Kita.
Kalteng Bicara Baik.

Facebook