Prahum Muda Diskominfosantik Kalteng Ferawati : Peran Humas Sebagai Ujung Tombak Diseminasi Informasi

Kontribusi dari Widia Natalia, 16 Desember 2021 12:16, Dibaca 751 kali.


MMCKalteng – Palangka Raya – Pranata Humas Muda Diskominfosantik Prov. Kalteng Ferawati menyampaikan terkait potret Humas Pemerintah. Ferawati mengatakan Humas Pemerintah lamban, sangat birokratis, tidak responsive, tidak media friendly, hilang saat dibutuhkan, bekerja berdasarkan jam kerja, informasi menunggu dari atasan, informasi terkadang kurang akurat, sibuk dengan urusan administrasi, protokoler, dan lain-lain.

Ferawati mengungkapkan terkait dengan potret tersebut, harus ada komitmen untuk melakukan perubahan.

(Baca Juga : Sekda H. Nuryakin Launching Aplikasi Badan Kesbangpol Prov. Kalteng serta Kukuhkan Komunitas ASN Anti Narkotika Prov. Kalteng)

“Agar berjalan efektif, Humas Pemerintah harus melakukan terlebih dahulu perubahan yang signifikan, baik dalam hal pemahaman tentang informasi publik, maupun dalam implementasi kegiatan kehumasan”, ucap Ferawati saat menjadi narasumber pada Workshop Keprotokolan & Kehumasan yang digelar oleh BPSDM Prov. Kalteng yang dihadiri secara virtual dari Gedung Smart Province Diskominfosantik Prov. Kalteng, Kamis (16/12/2021).

Pada Workshop tersebut, Pranata Humas Muda Diskominfosantik Prov. Kalteng Ferawati memaparkan materi tentang Peran Humas sebagai Ujung Tombak Diseminasi Informasi. Lebih lanjut Ferawati menyampaikan, bahwa humas Pemerintah harus memiliki paradigm baru diantaranya transparan, responsif, rajin mencari dan berbagi informasi dengan publik dan pers, enyediakan informasi dengan cepat dan akurat (meminimalkan jarak dengan nara sumber utama), iap bekerja dengan waktu yang fleksibel (meladeni pers di luar jam kerja) serta hadir setiap saat, terutama ketika terjadi krisis atau bila terjadi peristiwa penting.

Hal penting yang harus dikuasai Humas diantaranya mensinergikan Informasi Publik (Analisis), Optimalisasi Jaringan Komunikasi dan Informasi (Media) dan Membentuk Opini Publik melalui Agenda Setting / Komunikasi Persuasif. Peran strategis Humas Pemerintah meliputi credibility yakni menjadi sumber informasi yang dipercaya publik, context yakni isi informasi sesuai karakteristik masyarakat, clarity yakni informasi disampaikan dengan bahasa yang mudah, continuity yakni layanan informasi publik diberi secara terus-menerus dan channel yakni menggunakan berbagai saluran yang mudah diakses publik.

Sebagaimana diketahui, mulai tahun 2017, Diskominfosantik Prov. Kalteng mengembangkan program-program kreatif berbasis digital dan berorientasi publik dengan mengoptimalkan pemanfaatan media sosial dan media online.

Workshop Keprotokolan & Kehumasan dibuka secara langsung oleh Kepala BPSDM Prov. Kalteng Sri Widanarni. Kegiatan ini juga menghadirkan narasumber lainnya yakni Plt. Kepala Dinas Kominfosantik Prov. Kalteng Agus Siswadi dan dari Biro Administrasi Pimpinan Setda Prov. Kalteng Erwindy. Peserta kegiatan ini berasal dari ASN di Lingkup Pemprov. Kalteng dan Kabupaten/Kota.(wdy/foto:Rinto)

Widia Natalia

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook