Gubernur Kalteng Bantu Patenkan Obat Kanker Hasil Penelitian 2 Siswi Peraih Medali Emas WICO

Kontribusi dari Ari Purna Prahara, 13 Agustus 2019 19:46, Dibaca 46 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya - Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) H. Sugianto Sabran mengundang secara khusus dua orang Siswi SMA 2 Palangka Raya Aysa Aurealya Maharani dan Anggina Rafitri ke Istana Isen Mulang, Selasa (13/8).

Gubernur Kalteng sangat mengapresiasi capaian membanggakan dari kedua putri Dayak ini, dan segera memberikan instruksi kepada jajaran untuk bisa segera membantu mematenkan hasil penemuan yang membanggakan ini.

(Baca Juga : Wagub Kalteng Resmikan Toko Roti Go BonSip di Palangka Raya)


“Saya sudah perintahkan Sekda dan Kadis Kesehatan dan instansi terkait lainnya untuk membantu agar ini bisa segera dipatenkan. Sehingga mereka bisa mendapatkan paten atas Hak Kekayaan Intelektual (HAKI) nya,” tegas Sugianto Sabran.

Seperti kita ketahui bersama, Aysa Aurealya Maharani dan Anggina Rafitri berhasil meraih medali emas pada ajang World Invention Creativity (WICO) di Seoul, Korea Selatan, (25/7). Medali diberikan atas penelitian tentang akar bajakah tunggal yang tumbuh di tanah Kalteng, yang bisa menjadi obat untuk menyembuhkan tumor ganas yakni kanker payudara.


Untuk melindungi hasil penemuan yang membanggakan sekaligus bermanfaat bagi orang banyak ini Gubernur menekankan pentingnya untuk melindungi penemuan ini dengan cara dipatenkan.

“Karena yang mereka temukan ini sangat luar biasa. Bukan saja hanya dibutuhkan oleh orang Kalteng, tapi Indonesia bahkan dunia. Jadi jangan sampai nanti, hasil karya intelektual ini justru malah diakui oleh orang lain, apalagi oleh negara lain. Ini harus kita lindungi,” jelas Sugianto Sabran.

Orang nomor satu di Bumi Tambun Bungai ini juga memberikan bantuan uang pembinaan masing-masing sebesar Rp. 30 Juta kepada kedua Siswi peraih medali emas ini, serta kepada Yazid yang pertama kali memberikan ide tentang penelitian obat kanker dari akar bajakah. (ARP/Foto:Asep)

 

Ari Purna Prahara

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook