T.T Suan; Perintis PWI Kalteng dan Sepak Terjangnya #HPN2018

Kontribusi dari Elga Arya Putra, 07 Februari 2018 14:33, Dibaca 841 kali.


MMCKalteng-Menjelang Hari Pers Nasional, tidak ada salahnya mengulik kembali sejarah salah satu tokoh pers di kalimantan tengah, yaitu Timotheus Tenggel Suan yang sekaligus perintis PWI di kalimantan tengah.

T.T Suan, sapaan akrabnya di kalangan wartawan senior, merupakan seorang putra dayak yang dilahirkan tanggal 23 Agustus 1933 di Tumbang Manjai, Rangan Tangku, Kabupaten Katingan. Selain terkenal dekat dengan Tjilik Riwut, T.T Suan juga banyak melahirkan karya-karya kesusateraan dan kebudayaan. Bekalnya dalam dunia pers diperolehnya ketika menjalani kursus wartawan tertulis Pro Patria di Yogyakarta, kemudian mengikuti pelatihan kameramen dan asisten sutradara PFN Departemen Penerangan Republik Indonesia, dan mengikuti kursus orientasi wartawan PWI Banjarmasin.

(Baca Juga : Gubernur Kalteng Pimpin Rapat Terkait Permasalahan Jalan eks Pertamina di Barito Timur)

Jejak langkahnya dalam dunia tulis menulis pun patut diperhitungkan, Pada tahun 1967-1969, T.T Suan pernah menjadi Pemimpin Redaksi Majalah Bulanan Kalimantan Bhakti, tahun 1969-1971 sebagai Pemimpin Redaksi  Majalah Tengah Bulanan Pelita Nusantara, menjadi Anggota Badan Pengurus dan Anggota Dewan Redaksi Harian Pelita Pembangunan, Ketua Yayasan Badan Pendiri Pers, Pemimpin Perusahaan Harian Palangka Post, dan Redaktur Pelaksana Surat Kabar Umum Dinamika Pembangunan.

Dilansir dari Antara Kalteng, T.T Suan pernah menjadi wartawan koresponden Lembaga Kantor Berita Nasional Antara untuk daerah Kalteng. Dari tangan dan jerih payahnya pula lah, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) cabang Palangka Raya terbentuk, yang kemudian berkembang menjadi PWI cabang Kalteng dan menjabat sebagai Ketua PWI mulai dari tahun 1964-1973.

Beragam penghargaan pun diperolehnya, salah satunya Piagam Penghargaan dan Medali Perjuangan Angkatan ’45 oleh Dewan Harian Nasional Angkatan 45 dan dianugerahkan pada peringatan 45 tahun NKRI. T.T Suan juga memegang kartu pers number one, yaitu kartu pers seumur hidup. (EAP/Foto: Net/Berbagai Sumber)

Elga Arya Putra

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Mari Jaga Lingkungan Kita.

Facebook