Lomba Cerdik Cermat Komunikatif se-Kalteng Digelar 18 -19 Juli 2019

Kontribusi dari Ari Purna Prahara, 16 Juli 2019 12:16, Dibaca 433 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya - Perkembangan  dan Pemberdayaan Kelompok Informasi Masyarakat  (KIM) merupakan kegiatan yang dilakukan pemerintah baik Provinsi maupun Kabupaten/Kota dalam rangka penguatan terhadap kelembagaan, Sumber Daya Manusia (SDM) dan aktifitas KIM sehingga mampu melakukan tugas dan fungsinya secara mandiri dan kreatif dalam rangka pengelolaan informasi dan komunikasi untuk meningkatkan nilai tambah.

Terkait dengan itu Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah melalui Dinas Komunikasi Informatika Persandian dan Statistik Provinsi Kalimantan Tengah akan menyelenggarakan tahap awal Lomba Cerdik Cermat Komunikatif (LCCK) se-Kalimantan Tengah Tahun 2019 yang dilaksanakan setiap tahunnya.

(Baca Juga : Gubernur Sampaikan Capaian Pemprov Kalteng)

KIM merupakan media atau corong informasi yang dilakukan oleh, dan untuk masyarakat dalam rangka meningkatkan nilai tambah. Pemerintah merasa perlu memberikan kontribusi dalam mensukseskan program pemberdayaan kelompok informasi melalui lomba dimaksud yang bertujuan agar masyarakat dapat meningkatakan pemahaman tentang kelompok informasi masyarakat dalam pengetahuan baik meningkatkan taraf  hidup maupun dalam teknologi informasi.

"Lomba Cerdik Cermat Komunikatif (LCCK) ini merupakan tahap awal dan bertujuan untuk meningkatkan pemahaman tentang pentingnya KIM dibentuk untuk mencerdaskan masyarakat, sasarannya, kompetisi pemberian penghargaan bagi yang berprestasi," ucap Kasi Kemitraan Komunikasi Publik Diskominfo Kalteng Elyanie, SP selaku panitia.

Kegiatan ini digelar mulai hari Kamis-Jumat, 18-19 Juli 2019, pukul 08.30 WIB sampai dengan selesai, bertempat di Ballroom Aquarius Boutique Hotel. Sedangkan pameran hasil kerajinan dari kelompok tani, nelayan, pengrajin dan lain sebagainya dilaksanakan di Loby Aquarius Boutique Hotel.

Kegiatan ini mengambil tema "Meningkatkan Kualitas Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Yang Berdaya Saing Berinovasi Berbasis Teknologi Menuju Kalteng Berkah”.

Peserta lomba satu kelompok terdiri dari 3 (tiga) orang, peserta lomba harus mempunyai kelompok/organisasi/instansi pemerintah, peserta lomba boleh terdiri dari kelompok Tani, Nelayan Pengrajin dan lain sebagainya, biodata peserta lomba agar segera dikirimkan ke Panitia.

"Peserta lomba/group harus membawa Surat Rekomendasi dari Kelompoknya dan diketahui Pembina Kelompok, pakaian peserta lomba bebas/rapi, tidak dibenarkan membawa peserta/group dari luar kecuali dari daerah masing-masing, panitia menanggung biaya makan setiap peserta/group," jelas Elyanie.

"Materi yang akan diperlombakan, pengetahuan Umum, Informasi dan Teknologi, Wawasan Kebangsaan, Sejarah berdirinya Kominfo," tuturnya.

Pemenang lomba akan mendapatkan piala tetap, piagam serta uang tunai sebagai berikut, Pemenang I mendapatkan hadiah Rp. 5.000.000, Pemenang II mendapatkan Rp. 4.000.000, Pemenang III mendapatkan Rp. 3.000.000, serta 3 juara harapan terbaik masing-masing mendapatkan Rp. 1.000.000. Selanjutnya pemenang akan dikirim untuk mengikuti lomba tingkat nasional pada bulan oktober di Bangka Belitung. (ARP/Foto:AL)

Ari Purna Prahara

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook