Kelompok Usaha Bersama (KUBE) Panen Ikan Patin

Kontribusi dari Martiana Winarsih, 04 Juli 2019 13:40, Dibaca 26 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya – Kementerian Sosial Republik Indonesia menyalurkan bantuannya kepada Kelompok Usaha Bersama (Kube) Fakir Miskin binaan Dinas Sosial Kota Palangka Raya yang tahun 2018 lalu telah mendapatkan bantuan modal usaha sebesar 20 juta perkelompok (10 orang).

Salah satu yang dikembangkan adalah budidaya ikan patin dan sudah menunjukkan keberhasilannya, hingga siap panen. Kube Hapakat yang berlokasi di jalan Nyaru Menteng Palangka Raya telah memanen ikan Patin, Rabu (3/7/2019).

(Baca Juga : Bupati Hj Nurhidayah Ikuti Rakornas Pengendalian Inflasi 2021)

Menurut Junaisa sebagai pendamping Kube Hapakat katakan , pencairan dana dilakukan pada bulan September 2018 dan pembelian bibiti ikan dibeli bulan November 2018. Jadi uang yang masuk ke Kube tersebut sudah termasuk untuk pembelian pakan ikan dan bibitnya.

Jenis usaha dipilihsecara  bebas oleh tiap-tiap kelompok, ada pembibitan sapi dan kambing. Dana ini bersifat dana hibah dan dibuat laporan pertanggungjawabannya ke Kemensos. Dalam kurun waktu satu tahun harus ada laporan secara berkala tiap bulan dan dibuat melalui pendamping.

Sedangkan Wakil Wali Kota Hj. Umi Mastikah mengatakan salah satu misi dan visi Walikota adalah meningkat kesejahteraan rakyat, salah satunya di bidang perikanan. Dan harapannya kita akan mendayagunakan lagi baik sarana dan prasarana. Melalui dinas terkait akan melakukan kerjasama lagi yang lebih inovatif. Pemerintah Kota Palangka Raya akan mendukung sehingga ada penguatan-penguatan untuk perekonomian masyarakat. (MC. Isen Mulang )

Martiana Winarsih

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook