Pemkab Kobar Genjot Akses Desa

Kontribusi dari Muhammad Agusta Wijaya, 08 Maret 2018 07:44, Dibaca 529 kali.


MMCKalteng - Tahun ini Pemerintah Daerah Kabupaten Kotawaringin Barat menggenjot pembangunan infrastruktur penghubung desa di empat kecamatan melalui konsorsium, dimana ditahun ini ada 166 km jalan desa yang akan dibangun dengan sistem konsorsium. Bupati Kobar Hj Nurhidayah dan Wakil Bupati Kobar Ahmadi Riansyah, Rabu (7/3) melakukan rapat koordinasi rencana pembangunan infrastruktur desa yang didanai oleh konsorsium, dalam rapat itu dihadiri perwakilan dari perusahaan yang masuk dalam konsorsium. "Di tahun 2017 kita telah melaksanakan kegiatan pembangunan akses jalan desa di Kecamatan Arut Utara yang melibatkan beberapa perusahaan, ada 70 km jalan penghubung desa yang didanai secara konsorsium, ditahun ini meningkat lagi menjadi 166 km yang tersebar di empat kecamatan yakni Kecamatan Arut Selatan, Kumai, Pangkalan Banteng dan Kecamatan Kotawaringin Lama," kata Bupati usai memimpin rapat.

Menurut Bupati, Pemkab Kobar dalam mewujudkan pembangunan infrastruktur dari wilayah pinggiran dengan membuka keterisolasian dari daerah pinggiran dengan melibatkan perusahaan karena APBD sangat terbatas tetapi pembangunan akses jalan desa menjadi prioritas pembangunan daerah. "Kita selama ini dihadapkan permasalahan yang krusial yakni keterbatasan dana tetapi kami tetap melaksanakan program peningkatan Infrastruktur di desa itu dengan cara konsorsium ini bukti adanya kekompakan antara Pemkab Kobar dengan pihak perusahaan yang sama sama berkomitmen membangun daerah," ujar Bupati.

(Baca Juga : Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran Tertibkan Banner Memakai Hak Pedestrian)

Bupati menambahkan bahwa pekerjaan pembangunan jalan secara konsorsium dimulai pada bulan Juni atau berakhirnya masa musim penghujan, dimana pihak perusahaan melakukan pembukaan badan, penimbunan jalan sampai pengerasan. "Jalan yang akan dibangun secara konsorsium itu sampai jalan dalam kondisi fungsional, dan dari Pemkab Kobar akan melanjutkan pengasapan meski akan kita lakukan secara bertahap," imbuhnya.

Bupati akan memberikan reward bagi perusahaan yang terlibat dalam konsorsium sebagai penghargaan dari Pemkab Kobar atas peran serta perusahaan dalam percepatan pembangunan jalan penghubung desa. Sementara itu Jauhari salah satu perwakilan perusahaan dari PT ASMR mengatakan pihaknya sangat mendukung apa yang telah di programkan Pemkab Kobar dalam mewujudkan percepatan pembanguan. "PT ASMR akan membuka akses jalan di Kecamatan Kumai mulai dari dermaga sampai perbatasan Desa Bedaun dengan total yang dikerjakan sepanjang 7,64 km dan lebar jalan 20 meter, sedangkan pekerjaan pengerasan jalan sepanjang 5 km," ucap Jauhari. (Humas Kominfo Kobar)

Muhammad Agusta Wijaya

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook