Tim Surveior KARS Lakukan Survey Adkreditasi SNARS Edisi I RSUD Pulang Pisau

Kontribusi dari Kominfo Pulang Pisau, 24 Juni 2019 22:51, Dibaca 361 kali.


MMCKalteng - Pulang Pisau - Tim Surveior Komite Akreditasi Rumah Sakit (KARS) melakukan Survei Standar Nasional Akreditasi Rumah Sakit (SNARS) edisi I pada Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Pulang Pisau dari tanggal 24 – 27 juni 2019 mendatang.

Kedatangan tiga orang Tim surveior ini tersebut adalah drg. Yudi Sugiarto,MARS.,Sp.,Ort.,MH,Kes, Dr.dr. Rini Andriani, Sp.S dan Akhmad Zarkasi, S.Kep, Ners, M.Kes untuk menilai proses perolehan status akreditasi RSUD Pulang Pisau tepatnya di Gedung VVIP milik RSUD Pulang Pisau, Senin (24/6/2019).

(Baca Juga : Pembangunan Infrastruktur Permukiman Tuntas 2023)

Sasaran survey terfokus pada 15 Pokja yang terdiri dari Sasaran Keselamatan Pasien (SKP), Akses ke Rumah Sakit dan Kontinuitas (ARK), Hak Pasien dan Keluarga (HPK) Asesmen Pasien (AP), Pelayanan Asuhan Pasien (PAP) Pelayanan Anestesi dan Bedah (PAB), Pelayanan Kefarmasian dan Penggunaan Obat (PKPO), Manajemen Komunikasi dan Edukasi (MKE), Peningkatan Mutu dan Keselamatan (PMKP).

Selanjutnya, Pencegahan dan Pengendalian Infeksi (PPI), Tata Kelola Rumah Sakit (TKRS), Manajemen Fasilitas dan Keselamatan (MFK), Kompetensi dan Kewenangan Staf (KKS), Manajemen Informasi dan Rekam Medik (MIRM) serta Program Nasional.

Plt. Direktur RSUD Pulang Pisau, dr. Muliyanto Budihardjo dalam sambutannya mengatakan Acara tersebut adalah bentuk komitmen dan dedikasi yang dilakukan oleh RSUD Pulang Pisau terhadap kenyamanan dan keselamatan pasien.

Dalam upaya peningkatan mutu pelayanan rumah sakit, wajib dilakukan akreditasi yang telah diatur oleh Permenkes nomor 34 tahun 2017 tentang akreditasi rumah sakit yang merupakan pedoman bagi rumah sakit dalam meningkatkan mutu dan keselamatan pasien.

“Perolehan akreditasi ini nantinya bertujuan untuk memenuhi Standar Operasional Prosedur serta meningkatkan pelayanan mutu pelayanan rumah sakit,  melindungi keselamatan pasien, meningkatkan perlindungan bagi masyarakat dan sumberdaya manusia yang bekerja dirumah sakit,” ungkap Mul sapaan akrabnya.

Sementara itu, Bupati Pulang Pisau Edy Pratowo turut hadir pada acara tersebut menyampaikan harapannya melalui survey ini dapat memperkuat keberadaan RSUD Pulang Pisau dan berbenah ditiap tahunnya untuk mendapatkan atau nantinya dapat mempertahankan akreditas yang dicapai serta optimis dapat mendapatkan hasil yang bagus dari survey yang dilakukan.

“Sebagai Pemerintah kami selalu mendukung dalam pembangunan dibidang kesehatan untuk bersama dengan bekerja keras, bekerja cerdas untuk segala kemajuan dan peningkatan status agar RSUD ini dapat menjadi rumah sakit terakreditasi,”ujar Edy Pratowo.

Beliau berharap, karena akreditas ini mutlak dilakukan untuk meningkatkan mutu dan Pelayanan RSUD Pulang Pisau sehingga RSUD menjadi pilihan utama masyarakat dalam berobat. (MC. Pulang Pisau/Amel/edtr)

Kominfo Pulang Pisau

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Mari Jaga Lingkungan Kita.
Kalteng Bicara Baik.

Facebook