Pencapaian Kompetensi Tenaga Pendidik

Kontribusi dari Gusti Mahfuz, 21 Juni 2019 08:44, Dibaca 1,029 kali.


Kompetensi pedagogik berkaitan dengan kemampuan tenaga pendidik yang berhubungan dengan pemahaman terhadap peserta didik dan pengelolaan pembelajaran. Tenaga pendidik harus memiliki kemampuan untuk merencanakan, melaksanakan, sampai dengan mengevaluasi pembelajaran. Kompetensi yang dimaksud dapat menentukan tingkat keberhasilan proses dan hasil belajar peserta didik. Kemampuan ini pun sangat penting dikuasai karena berkenaan dengan ilmu pengetahuan yang disampaikan kepada peserta didik di dalam pembelajaran.

Pelaksanaan pembelajaran berdasarkan pendapat Majid (2013) meliputi: kemampuan-kemampuan yang harus dimiliki mulai dari membuka pelajaran, menyajikan materi, mengorganisasi kegiatan menyimpulkan pembelajaran, memberikan umpan balik, memberikan penilaian, dan menggunakan waktu dengan cermat. Dalam pelaksanaan pembelajaran diikuti dengan kompetensi pedagogik, yakni: a) menguasai karakteristik peserta didik dari aspek fisik, moral, sosial, kultural, emosional, dan intelektual; b) menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik; c) mengembangkan kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran/bidang pengembangan yang diampu; d) menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik; e) memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan pembelajaran; f) memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimiliki; g) berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik; h) menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar; i) memanfaatkan hasil penilaian dan evaluasi untuk kepentingan pembelajaran, dan j) melakukan tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas pembelajaran.

(Baca Juga : Kenali Masker Layak Pakai, Hindari Masker Palsu)


Pembelajaran menuntut kemampuan tenaga pendidik secara profesional demi tercapainya peserta didik yang memiliki kemampuan sesuai dengan bidangnya. Tenaga pendidik seyogianya mampu menyusun dan melaksanakan rancangan pembelajaran yang mendidik secara lengkap. Di samping itu, tenaga pendidik bisa melaksanakan kegiatan pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Tenaga pendidik pun mampu menyusun dan menggunakan berbagai materi pembelajaran dan sumber belajar sesuai dengan karakteristik peserta didik. Kemampuan lainnya tenaga pendidik dapat menganalisis potensi pembelajaran setiap peserta didik dan mengidentifikasi pengembangan potensi peserta didik. Hal ini dilakukan melalui program pembelajaran yang mendukung peserta didik mengaktualisasikan potensi akademik, kepribadian, dan kreativitasnya sampai sampai pada peserta didik dapat mengaktualisasikan potensi.

Tenaga pendidik dalam melaksanakan pembelajaran menjadi aktivitas inti di sekolah. Penampilan terbaik di depan peserta didik semestinya dilakukan. Penampilan yang dimaksud berkaitan dengan penjelasan yang mudah dipahami, penguasaan keilmuan sesuai dengan bidang, penguasaan metode, strategi, teknik, dan media pembelajaran, serta pengelolaan kelas. Seorang tenaga pendidik dapat menjadi teman belajar yang baik untuk peserta didik, sehingga tercipta rasa senang dan termotivasi untuk belajar bersama.

Kompetensi yang menyeluruh untuk mentransfer pengetahuan menjadi tuntutan kesuksesan peserta didik dalam belajar. Untuk itu, tenaga pendidik memiliki kemampuan dalam mendesain, mengembangkan, dan mengevaluasi pembelajaran. Berkaitan dengan hal tersebut dapat diterapkan melalui pengalaman belajar dengan menggabungkan alat evaluasi masa kini dan mengoptimalkan isi dan lingkungan pembelajaran. Harapan tenaga pendidik yang profesional dan inovatif terlihat dari efektifitas tahapan belajar mengajar yang telah dilakukan dengan pencapaian dari pengembangan pengetahuan, keterampilan, dan perilaku peserta didik berkarakter. (syatkmf)

Gusti Mahfuz

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook