Setwan DPRD Kalteng Turut Meriahkan FBIM

Kontribusi dari Sekretariat DPRD Provinsi Kalteng, 20 Juni 2019 08:23, Dibaca 352 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya - Meriahnya Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) 2019, diikuti oleh berbagai kalangan yang ada, baik di kabupaten maupun Ibukota Provinsi Kalteng. Sejumlah SOPD juga turut serta dalam kegiatan tahunan yang intens digelar sejak lama. Tidak ketinggalan jajaran Sekretariat Dewan (Setwan) DPRD Kalteng, juga ikut berpartisipasi dalam event bergengsi tersebut.

FBIM merupakan salah satu moment penting dan rangkaian dari peringatan Hari Jadi Kalteng.

(Baca Juga : Komisi IV Agendakan Peninjauan Proyek Multiyear)

Sekretaris DPRD Kalteng Tantan D Matan mengakui pihaknya ikut berpartisipasi dalam kegiatan itu. Tidak mau kalah dengan jajaran lainnya, instansi tersebut juga ikut mengirimkan sejumlah kontingennya.


“Ini acara yang patut diapresiasi dan dilaksanakan setiap tahunnya. Maka Setwan DPRD Kalteng ikut mengirim kontingen dalam memeriahkan acara itu,” ujarnya kepada awak media ketika ditemui di ruang kerjanya, belum lama ini.

Banyak agenda yang dijadwalkan dalam FBIM, mulai dari berbagai perlombaan hingga seremonial. Salah yang juga diikuti jajaran itu adalah karnaval atau pawai budaya FBIM. Dalam pawai tersebut Setwan DPRD Kalteng membawa spanduk dan kendaraan roda empat yang dihiasi berbagai ornament khas daerah. Yang mencolok adalah warna merah yang mendominasi mulai dari kain penghias mobil, hingga pakaian yang digunakan peserta karnaval dari Setwan DPRD Kalteng.

Ada juga sejumlah penari berpakaian Adat Dayak masih dengan dominasi merah, yang cukup memberikan suasana khas kearifan lokalnya. Perlu diketahui kegiatan FBIM 2019 sendiri merupakan agenda tahunan yang bertemakan budaya, kesenian, adat, dan olahraga tradisional.

Acara itu sendiri berlangsung sejak 17-22 Mei 2019 mendatang, dimana akan dipertandingkan 22 cabang lomba. Sebut saja seperti Mangenta, Malamang, Tari Daerah, Karungut, Panginan Sukup Simpan, Maneweng, Manetek, Sepak Sawut, Manyila Kayu, Besei Kambe, Putra-Putri Pariwisata, Jukung Tradisional, Jukung Hias, Balogo, Bagasing, Manyipet, Lawang Sakepeng, hingga karnaval atau pawai budaya.

Sekretariat DPRD Provinsi Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
DPRD
DPRD
DPRD
DPRD
DPRD
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook