Gubernur Harapkan Event-Event di Kalteng Dapat Membawa Berkah dan Dampak Positif Bagi Masyarakat

Kontribusi dari Ari Purna Prahara, 18 Juni 2019 01:03, Dibaca 345 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya - Gubernur Provinsi Kalimantan Tengah (Prov. Kalteng) H. Sugianto Sabran menyampaikan bahwa Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) ini merupakan event tahunan yang telah masuk dalam Calender of Event (CoE) tingkat nasional Kementerian Pariwisata RI dalam rangka memberikan motivasi, menumbuhkembangkan peran serta masyarakat, dunia usaha.

"Kita patut berbangga bahwa Kalimantan Tengah ditetapkan dua event tetap Calender of Event 2019 dan juga memiliki event daerah yang cukup banyak se-Kalteng", ucap Gubernur saat membacakan sambutan dalam acara pembukaan FBIM di Taman Budaya, Senin (17/6).

(Baca Juga : Hasil Paparan Badan Publik Lingkup Prov. Kalteng Hari Pertama)


Orang nomor satu di Bumi Tambun Bungai ini memaparkan bahwa Kalteng memiliki 181 event Kabupaten/Kota antara lain adalah FBIM, festival babukung, festival budaya habaring hurung, festival marunting batu aji, festival iya mulik bengkan turan, festival budaya penyang hinje simpei, festival karnaval hadep hapakat, festival seni budaya tingang menteng panunjung tarung, festival budaya jajaka, festival budaya tira bangka balang, festival budaya mihing manasa, festival budaya dahani dahanai tuntung tulus, festival gawi hatantiring, festival laluhan, tiwah masal, fun bike tours, boat festival kahayan dan masih banyak festival lainnya.

Disamping itu akan diselenggarakan di Provinsi Kalimantan Tengah event yang berskala International, antara lain International Airsoft Gun di Sambi Arut Utara di Pangkalan Bun, Kabupaten Kotawaringin Barat bulan Juli 2019, seminar Kera Besar International di Palangka Raya Bulan September 2019 dan Wonderful Sail to Indonesia di Kumai 9-12 Oktober 2019 Tajung Puting di Pangkalan Bun, Kabupaten Kotawaringin Barat.


"Saya berharap dengan banyaknya event-event di Provinsi Kalimantan Tengah membawa berkah dan dampak positif bagi masyarakat dan perkembangan pembangunan dan pertumbuhan perekonomian serta peningkatan kunjungan wisata di Provinsi Kalimantan Tengah yang pada gilirannya dapat meningkatkan pendapatan asli daerah Provinsi Kalimantan Tengah", tuturnya.

Gubernur menyampaikan bahwa dalam rangka mensinergikan upaya-upaya yang akan dilakukan, maka kiranya perlu adanya kesamaan bahasa, gerak dan langkah dalam upaya pengembangan kebudayaan dan pariwisata untuk terus ditingkatkan oleh semua pihak, khususnya dalam menuju Kalteng Berkah (Bermartabat, Elok, Religius, Kuat, Amanah dan Harmonis). (ARP/Foto:Asep)

Ari Purna Prahara

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook