Berbagi Menuai Berkah

Kontribusi dari Gusti Mahfuz, 17 Mei 2019 10:39, Dibaca 651 kali.


Ramadan memang begitu dirindukan keindahannya dalam arti indah dalam semangat kebersamaan, indah dalam semangat berbagi, indah dalam pelaksanaan kebaikan lainnya. Indah untuk saling berbagi di bulan Ramadan dapat dilakukan. Dengan berbagi dapat diajarkan untuk memiliki rasa empati dan peduli terhadap sesama. Kegiatan berbagi kebaikan, seperti mengadakan acara berbuka bersama anak yatim piatu, membagikan makanan untuk berbuka puasa di masjid maupun berbagi saat sahur, sampai menyumbangkan benda yang layak pakai. 

Kegiatan berbagi bermanfaat sebagai sarana untuk saling menuai berkah di indahnya Ramadan. Selain berbagi makanan ada juga berbagi pengetahuan yang positif. Pengetahuan dapat diartikan sebagai informasi yang sudah terlebih dahulu diproses oleh individu. Pengetahuan tersebut mencakup fakta, gagasan, kepakaran, dan penilaian. Perilaku berbagi pengetahuan, baik secara langsung maupun melalui media sosial dapat dipengaruhi oleh motivasi internal bahwa pengetahuan yang dibagi memberikan manfaat untuk orang lain. Perilaku ini memiliki sikap positif untuk dilaksanakan. Perilaku berbagi pengetahuan dipengaruhi oleh ikatan sosial dan pola serta frekuensi interaksi antarindividu, penggunaan bahasa yang sama dan menyatukan individu yang satu dengan yang lainnya, adanya identifikasi bersama antarindividu dalam satu kelompok, adanya persepsi akan penghargaan, adanya kemampuan diri dan harapan akan terjadinya saling menguntungkan (Cabrera, 2005).

(Baca Juga : Mengulik Budaya Dayak)


Semangat berbagi yang luar biasa dan seyogianya dapat dilanjutkan kebiasaan baik tersebut secara kontinu. Pembelajaran yang berkaitan dengan religiusitas, relasi dengan sesama, konsumerisme, dan terutama berbagi dengan sesama yang membutuhkan. Ketika bulan Ramadan seluruh umat muslim ikut merasakan penderitaan orang-orang yang kurang beruntung dalam memenuhi kebutuhan hidupnya dengan menahan lapar dan dahaga selama sebulan. Tidak hanya merasakan, tetapi pada bulan ini pun Islam mewajibkan umatnya untuk membayar zakat fitrah yang fungsinya sebagai pembersih diri setiap orang selama satu tahun penuh. Di sisi lain menjadi sumber rezeki bagi sesama muslim.

Sikap saling berbagi di bulan Ramadan dapat meningkatkan rasa empati dan kepeduliannya terhadap keadaan orang-orang di sekitar. Dengan membiasakan diri untuk berbagi kepada orang lain tampak dalam kegiatan berbagi takjil menjelang waktu berbuka puasa. Ramadan selalu menghadirkan berkah bagi mereka yang membutuhkan dan terdapat refleksi pembelajaran yang diperoleh. Ajang berbagi dengan yang lain ketika mereka mendapatkan berkah, sehingga membuat lebih bersyukur. Manfaatkan rezeki yang dimiliki untuk berbagi. Rezeki yang Allah berikan kepada setiap makhluknya sangat banyak. Setiap makhluk Allah mendapat jatah rezeki berupa nikmat sehat, anggota tubuh yang sempurna, tempat tinggal, keluarga, harta, dan nikmat yang lainnya. Rezeki bukan sebatas harta dunia melainkan ilmu yang bermanfaat adalah rezeki, kemudahan untuk beramal soleh adalah rezeki.

Berbagi dengan orang lain merupakan bentuk berbagi yang mudah ditampakkan karena faedahnya langsung dirasakan oleh orang lain. Berbagi dapat membantu orang lain untuk bahagia dan dapat menjalankan ibadah di bulan Ramadan juga bentuk kepedulian kepada sesama manusia. Semua bentuk berbagi akan membuat  peduli dan menjadi ikhlas. Bersyukur dengan rezeki yang dimiliki dapat meringankan beban orang yang kurang mampu. Berbagi juga menjadikan harta lebih berkah karena sangat beruntung pada orang yang kelebihan nikmat dibandingkan dengan orang yang memenuhi kebutuhan hidupnya sehari-hari harus dengan susah payah. Berbagi menuai berkah menjadikan dunia sebagai ladang amal. Berbagi di bulan Ramadan dijadikan momentum untuk melakukan banyak kebaikan, meski sebenarnya melakukan kebaikan tidak perlu menunggu datangnya bulan Ramadan.(syatkmf)

Gusti Mahfuz

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook