Festival Maneser Panatau Tatu Hiang (MPTH) Resmi Ditutup

Kontribusi dari Iin Carolina, 08 Mei 2019 13:09, Dibaca 13 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya – Event seni dan budaya bertajuk Festival “Maneser Panatau Tatu Hiang (MPTH) di Betang Hapakat Palangka Raya resmi ditutup. Pegelaran tahunan MPTH yang merupakan rangkaian hari ulang tahun ke-7 Sanggar “Riak Renteng Tingang”, secara resmi ditutup Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Provinsi Kalteng, Guntur Talajan, Jum’at (3/5/2019) malam.

Dari sejumlah lomba yang digelar pada event tersebut, maka keluar sebagai juara umum dan mendapatkan piala bergilir MPTH adalah sanggar seni “Tunjung Nyaho”, yang juga merupakan juara bertahan dalam event bernilai budaya tersebut.

(Baca Juga : Kenalkan Kompor Induksi dengan Lomba Masak)

Kepala Disbudpar Kalteng, Guntur Talajan saat menutup kegiatan mengatakan, Pemerintah Provinsi Kalteng sangat mengapresiasi kegiatan ini dan berharap bisa diikuti sanggar-sanggar kesenian dan budaya lain di Kalimantan. Bahkan bisa dijadikan event nasional dan digelar se-Kalimantan.

Dengan even ini kata dia, bisa mengantisipasi agar budaya dan seni tidak terkikis atau bergeser karena pengaruh globalisasi dan jaman. ”Jujur ini sangat luar biasa dan saya optimis bisa lebih baik kedepannya, terlebih dengan kegiatan ini memberikan kontribusi dan pemikiran sekaligus langkah nyata dalam pelestarian budaya,” tuturnya.

Guntur berharap agar event ini kedepannya bisa lebih meriah, serta didukung peserta yang lebih banyak. Begitu juga kualitas dan kuantitas event ditingkatkan sehingga betul-betul menjadi daya tarik bagi seluruh pihak.

”Kita yakin hal itu bisa dilakukan. Untuk peserta yang mendapatkan predikat juara, kami ucapkan selamat dan teruslah memperjuangan, mengembangkan budaya,” tegasnya.

Adapun dalam penutupan event ini dihadiri pula Penasehat Umum sekaligus pembina sanggar seni dan budaya Riak Renteng Tingang Enny Lukitaning Dyah, Ketua Umum Riak Renteng, Adi Saputra, ketua pantia Joko dan tamu undangan lain. (MC. Isen Mulang)

Iin Carolina

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook