Gubernur Berharap BPKP Kalteng Bisa Berperan Sebagai Auditor Sekaligus Partner Pemprov

Kontribusi dari Ari Purna Prahara, 24 April 2019 20:58, Dibaca 538 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya - Gubernur Provinsi Kalimantan Tengah (Prov. Kalteng) H. Sugianto Sabran menyampaikan bahwa perwakilan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) sebagai auditor internal pemerintah di daerah senantiasa memantapkan fungsi pengawasan yang dijalankan dalam rangka meningkatkan efektivitas pelaksanaan pembangunan, salah satu diantaranya adalah dengan mengembangkan sinergi secara optimal dengan aparat pengawasan internal pemerintah lainnya, sekaligus sebagai dukungan bagi proses pengambilan kebijakan.

"Apresiasi kami berikan kepada perwakilan BPKP Prov. Kalteng yang selama ini telah berperan penting dalam membantu meningkatkan kinerja Pemprov Kalteng maupun Pemerintah Kabupaten/Kota se-Kalteng, dalam pengelolaan keuangan daerah, antara lain dalam penyusunan APBD, penyusunan laporan keuangan, penataan aset daerah, serta penyajian laporan lainnya, seperti LKPJ dan LPPD", ucap H. Sugianto Sabran usai mengukuhkan Setia Pria Husada sebagai Kepala Perwakilan (Kalan) BPKP Prov. Kalteng.

(Baca Juga : Gubernur Kalteng : Berbagai Keberhasilan Pembangunan Pemkab Bartim Harus Dapat Dipertahankan dan Ditingkatkan)

Orang nomer satu di Bumi Tambun Bungai ini juga menyampaikan bahwa upaya preventif dan represif telah dilakukan, dalam rangka meningkatkan kualitas laporan keuangan, sebagai wujud tanggungjawab meningkatkan kredibilitas pemerintah dalam pengelolaan keuangan negara atau keuangan daerah secara transparan, akuntabel, dan auditabel.


"Di bawah pimpinan yang baru, diharapkan BPKP Kalteng bisa berperan sebagai "auditor" sekaligus "partner" Pemprov dalam mengawal penyelenggaraan keuangan negara dan daerah melalui pemantapan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP)", lanjut Gubernur Kalteng saat membacakan sambutan, di Aula Eka Hapakat, Kantor Gubernur Kalteng.

Seremonial pengukuhan dirangkai dengan serah terima jabatan kepada Setia Pria Husada sebagai Kalan BPKP Prov. Kalteng menggantikan pejabat sebelumnya Herman Hermawan, dan disaksikan Deputi Kepala BPKP Bidang Akuntan Negara Boni Anang Dwijanto.


"Pemprov Kalteng telah berhasil meraih opini WTP empat kali berturut-turut, dan berharap untuk LKPD tahun 2018 tidak boleh turun, makan kawalan dan masukan dari BPKP sangat kami perlukan", ujar H. Sugianto Sabran, Rabu (24/4/2019). (ARP/Foto:ASEP)

 

Ari Purna Prahara

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook