Kegiatan Temu Teknis Penyuluh Pertanian dan Rembug Paripurna KTNA Provinsi Kalimantan Tengah Tahun 2021

Kontribusi dari TPHP Prov Kalteng, 17 Juni 2021 13:00, Dibaca 95 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya - Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) yang diwakili Asisten Setda Provinsi Kalimantan Tengah (Prov. Kalteng) Bidang Perekonomian dan Pembangunan Drs. H. Nurul Edy, M.Si  membuka Kegiatan Temu Teknis Penyuluh Pertanian dan Rembug Paripurna Kelompok Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Prov. Kalteng Tahun 2021, Kamis (17/6/2021) di Hotel Luwansa, Palangka Raya. Kegiatan ini dilaksanakan oleh Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Peternakan (TPHP) Prov. Kalteng. 

Peserta Temu Teknis Penyuluh Pertanian dan Rembug Paripurna KTNA Prov. Kalteng Tahun 2021 adalah Ketua/Pengurus KTNA Kabupaten/Kota se-Kalteng dan Pejabat yang menangani penyuluhan/Koordinator Penyuluh Kabupaten/Kota. Dalam kegiatan tersebut dari Pengurus KTNA Nasional dihadiri oleh Zulhaman Djusman, SE dan Wakil Sekjen KTNA Nasional.

(Baca Juga : Komisi IV DPR RI Kunker Bahas Penanganan Karhutla di Kalteng)

Gubernur Kalteng dalam sambutan mengatakan bahwa di era pembangunan yang semakin komplek dan kompetitif ini, petani/nelayan dihadapkan pada tantangan yang semakin besar baik dalam aspek penanganan on farm maupun off farm (pemasaran). Keberadaan Penyuluh Pertanian dan KTNA berperan besar dalam penyampaian informasi, percepatan inovasi teknologi serta pendampingan berbagai program pemerintah di tingkat lapang. Oleh karena itu, organisasi KTNA seyogyanya harus dapat menjadi sarana konsolidasi bagi para petani, tempat berkomunikasi dan tukar informasi, sehingga terjalin kemitraan sekaligus untuk mempromosikan hasil-hasil pertanian di wilayah masing-masing.

Pertanian masih jadi tulang punggung Perekonomian Nasional, karena itu pembangunan pertanian masih menjadi prioritas pembangunan. Termasuk juga Prov. Kalteng, menetapkan pertanian menjadi salah satu sektor unggulan dalam bagian pembangunan ekonomi. Pada kurun waktu 2 (dua) tahun terakhir ini, kegiatan food estate yang dikembangkan di Kalteng menjadi komitmen Nasional dalam upaya penyangga pangan Nasional. Kepercayaan ini, mari kita tunjukkan dengan kerja keras pada semua lini dengan upaya yang saling bersinergi.

“Saya memberi apresiasi kepada petugas-petugas lapang, seperti Penyuluh Pertanian (PP), Pengawas Benih Tanaman (PBT) dan Petugas Pengendali Organisme Pengganggu Tanaman (POPT) yang tidak mengenal lelah dalam melakukan pendampingan berbagai program pembangunan pertanian di lapangan. Saya mengajak semua pengurus KTNA Provinsi Kalimantan Tengah bersama-sama penyuluh swadaya untuk ikut serta dalam pendampingan Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) menuju arah Kelembagaan Ekonomi Petani (KEP) dan dapat memberikan masukan atas permasalahan yang ada di lapangan. Saya ucapkan terima kasih kepada pengurus KTNA yang akan mengakhiri masa bakti dan Selamat melaksanakan Rembug Paripurna untuk memilih kepengurusan berikutnya dan menetapkan program kerja KTNA.  Saya berharap KTNA sebagai wadah untuk memperjuangan kepentingan petani, dapat dimanfaat sebagai sarana konsolidasi, berkomunikasi dan tukar informasi supaya terjalin kemitraan dalam mempromosikan hasil-hasil pertanian Kalimantan Tengah," ucapnya.


Kepala Dinas TPHP Prov. Kalteng dalam laporan kegiatan yang dibacakan oleh Sekretaris Muhajirin Akbar, SP.,M.Si menyampaikan bahwa kegiatan yang akan dilaksanakan adalah sebagai berikut :P

1. Penyampaian Program/Kegiatan Dinas TPHP Prov. Kalteng oleh Kepala Dinas TPHP Prov. Kalteng

2. Penyampaian Program/Kegiatan Dinas Perkebunan Prov. Kalteng Tahun 2021

3. Penyampaian Program/Kegiatan Dinas Kelautan dan Perikanan Prov. Kalteng Tahun 2021

4. Program/Kegiatan Dinas Ketahanan Pangan  di Kaiteng Tahun 2021

5. Penyampaian Program Kegiatan Balai Pengkajian dan Teknologi Pertanian (BPTP)  Tahun 2021 serta Teknologi Spesifik untuk Kalteng

6. Kebijakan Operasional KTNA dalam mendukung Ketahanan Pangan Nasional; Kegiatan Operasional Penyuluhan Pertanian di Kalteng

7. Penumbuhan Penyuluh Swadaya di Kalteng       

8. Peningkatan Peran KTNA Kalteng sebagai Penggerak Pelaku Usaha Pertanian di Kalteng

9. Konsolidasi Tata Tertib Rembug KTNA Tingkat Prov. Kalteng Tahun 2021

10. Rembug KTNA Tingkat Prov. Kalteng Tahun 2021 (Pemilihan Pengurus KTNA Provinsi Masa Bakti 2021 – 2026)

Sebagai narasumber pada kegiatan ini Kepala Dinas & Sekretaris Dinas TPHP Prov.Kalteng, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Prov. Kalteng, Sekretaris Dinas Perkebunan Prov. Kalteng, Sekretaris Dinas Kelautan dan Perikanan Prov. Kalteng, BPTP Prov. Kalteng, KTNA Pusat & Ketua KTNA Prov. Kalteng, dan Penyuluh Pertanian Prov. Kalteng (TPHP/Foto:Bayu)

TPHP Prov Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook