Kemenkumham Kalimantan Tengah Torehkan Banyak Prestasi di Pameran Produk Unggulan Narapidana (PUN)

Kontribusi dari Humas Kemenkumham Kalteng, 30 Maret 2019 18:13, Dibaca 1,189 kali.


MMCKalteng - Jakarta - (29/03/2019).  Bertempat di di Plasa Industri, Gedung Kementerian Perindustrian di Jalan Gatot Subroto Jakarta,Kanwil Kalteng turut serta mengikuti ajang Pameran Produk Unggulan Narapidan (PUN). Pameran ini bertujuan fokus dalam upaya penumbuhan dan pengembangan wirausaha industri baru, khususnya untuk menciptakan sektor industri kecil dan menengah (IKM). Potensi ini bahkan muncul dari warga binaan pemasyarakatan yang cukup banyak memiliki keterampilan dalam menghasilkan produk kreatif dan berdaya saing. Pameran yang menampilkan hasil karya warga binaan 33 Provinsi dari Divisi Pemasyarakatan Kemenkumham, juga berhasil mengadakan lelang hasil karya warga binaan.

Luar biasa, merupakan hal yang bisa di ungkapkan melihat banyaknya pencapaian yang di dapatkan Kanwil Kemenkumham Kalimantan Tengah pada pagelaran Pameran Produk Unggulan Narapidana (PUN) tersebut. Pameran produk unggulan yang berlangsung selama 4 hari ini dimulai tanggal 26 hingga 29 Maret 2019 ini merupakan pameran ke-7 dan diikuti oleh seluruh Lembaga Pemasyarakatan di Indonesia Banyak sekali prestasi yang ditorehkan oleh Kanwil Kalteng seperti :

(Baca Juga : Rutan Palangka Adakan Penyuluhan Kesehatan Mengenai COVID-19)

1. Juara 3 kategori Lukisan oleh Rutan Kelas IIA Palangkaraya


2. Juara 2 kategori Produk Karya Seni Terbaik (Getah Nyatu)

3. Juara 3 kategori Pakaian Adat

4. Piagam atas Demo Kerajinan


5. Piagam atas Souvenir Teretnik

Berdasarkan informasi yang didapat bahwa Seni Kerajinan Getah Nyatu masih merupakan salah satu favorit dari Tim Penilai. Kerajinan getah nyatu merupakan kerajinan yang memanfaatkan getah pohon nyatu sebagai bahan utama. Kerajinan jenis ini banyak dijumpai di Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah. Dan ini yang dimanfaatkan oleh WBP untuk mengolah getah pohon ini menjadi Seni Kerajinan yang memukau. Tampak terlihat Pejabat dan Petugas yang turut serta dalam pendampingan WBP dalam ajang Pameran tersebut adalah Kepala Divisi Pemasyarakatan (Hanibal), Kabid Pembinaan Bimbingan dan TI (Jevius Jizreel Siathen), Kabid Pelayanan Tahanan, Kesehatan Narapidana/Tahanan, Rehabilitasi, Pengelolaan Basan Baran dan Keamanan (Arief Gunawan), kemudian mewakili UPT adalah Kepala Seksi Kegiatan Kerja Lapas Kelas IIA Palangka Raya (Eka Prayitno), Kepala Sub Seksi Bimbingan Kegiatan Rutan Kelas IIA Palangka Raya (Erikjon Sitohang), Kepala Rutan Kelas IIA Palangka Raya (Ahmad Zainal Fikri), Kepala Lapas Kelas IIB Pangkalan Bun (Kusnan) dan 2 orang staff Rutan Kelas IIA Palangka Raya (Martina) dan Lapas Perempuan Palangka Raya (Cahaya) sebagai Penjaga Stand yang memakai pakaian adat tradisional Kalimantan Tengah.

Atas raihan prestasi yang didapatkan ini semoga bisa membawa nama harum daerah dikancah nasional dan internasional karena prestasi ini diraih atas pembinaan yang dilakukan kepada para warga binaan diseluruh Lapas/Rutan Provinsi Kalimantan Tengah. Program pembinaan kedepan bisa terus berkembang lebih baik lagi, terutama dalam pengembangan seni kerajinan getah nyatu yang merupakan produk asli daerah. Semoga kedepannya seni kerajinan Getah Nyatu hasil karya WBP Kalteng menjadi sebuah ikon daerah, yang nantinya bisa menjadi souvenir kepada tamu-tamu kehormatan pemerintah daerah provinsi dan Kabupaten/Kota Se-Kalimantan Tengah.

Selain itu semoga melalui pameran ini bisa menjadi bukti nyata dukungan terhadap WBP dalam menyiapkan masyarakat yang tangguh, berketerampilan, dan memiliki produktivitas tinggi yang siap berkompetisi dalam persaingan global melalui kegiatan pembinaan yang produktif di lapas. sehingga masyarakat diluar dapat melihat secara nyata bahwa lapas bukanlah lembaga yang membelenggu kreativitas para narapidana namun juga bisa sama seperti warga masyarakat lainnya.

Humas Kemenkumham Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook