BI Gelar Diseminasi Kajian Ekonomi Regional Prov. Kalteng

Kontribusi dari Ari Purna Prahara, 27 Maret 2019 11:21, Dibaca 646 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya - Bank Indonesia (BI) gelar Diseminasi Kajian Ekonomi Regional (KEKR) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), bertempat di Ballroom Swissbell Hotel Danum, Rabu (27/3).

Turut hadir Deputi Kepala Perwakilan BI Prov. Kalteng Setian, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata kalteng Dr. Guntur Talajan, SH., M.Pd, unsur Forkopimda Prov. Kalteng serta para tamu undangan.

(Baca Juga : Gubernur H. Sugianto Sabran : Kemitraan Media Massa Dan Pemerintah Daerah Lebih Dioptimalkan Lagi, Khususnya Dalam Memberikan Edukasi Kepada Masyarakat Memasuki Era Normal Baru di Tengah Pandemi )


Berdasarkan hasil kajian BI diantaranya, peningkatan realisasi pendapatan daerah disertai dengan pertumbuhan realisasi belanja pemerintah daerah, realisasi pendapatan pemerintah daerah Kalteng pada triwulan IV 2018 mengalami peningkatan didorong oleh pendapatan transfer. Di sisi lain, realisasi belanja pemerintah daerah tumbuh positif didorong oleh komponen belanja operasional. Secara wilayah, peningkatan belanja pemerintah daerah terutama didorong oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalteng, Pemerintah Daerah Kabupaten Kotawaringin Timur dan Pemerintah Daerah Kabupaten Kotawaringin Barat.


Ekonomi Kalteng pada triwulan II 2019 diperkirakan akan tumbuh positif, sedangkan inflasi diperkirakan cenderung lebih rendah dari triwulan sebelumnya. Perekonomian Kalteng triwulan II 2019 diprakirakan akan tumbuh positif di kisaran 6,30% - 6,70% (yoy).

Di sisi penawaran, perbaikan kinerja industri pengolahan yang didorong oleh adanya potensi membaiknya harga CPO global diprakirakan akan menjadi motor penggerak perekonomian. Sementara itu di sisi permintaan, meningkatnya konsumsi rumah tangga khususnya pada Ramadhan dan Idul Fitri diperkirakan akan memberikan andil positif terhadap pertumbuhan ekonomi triwulan II 2019.

Sementara itu pertumbuhan ekonomi Kalteng pada tahun 2019 diprakirakan akan mengalami peningkatan dibandingkan dengan tahun 2018, dikisaran 5,80% - 6,20% (yoy). Pertumbuhan ekonomi diproyeksikan akan ditopang oleh pertumbuhan konsumsi rumah tangga, ekspor, dan investasi. (ARP/Foto:ASEP)

Ari Purna Prahara

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Mari Jaga Lingkungan Kita.
Kalteng Bicara Baik.

Facebook