Jamu Bawang Dayak, Kaya akan Manfaat

Kontribusi dari Yudistira, 26 Maret 2019 15:16, Dibaca 880 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya - Rapat Kerja Bidang Kesehatan Provinsi Kalimantan Tengah tahun 2019 diadakan di Luwansa Hotel, Palangka Raya (26/3).

Sebelum memasuki ballroom kita dapat cek kesehatan gratis, maupun meminum secara gratis jamu khas Provinsi Kalimantan Tengah yang berasal dari Bawang Dayak (Eleutherine palmifolia). Jamu Bawang Dayak kaya akan manfaat seperti anti hypertensi, anti kanker, maupun anti oksidan agar awet muda.

(Baca Juga : Non-job disiapkan ikut lelang jabatan)


Oji, salah satu staf P4TO (Pusat pengolahan pasca panen tanaman obat) menyatakan sudah lumayan banyak tanaman asli dari Kalimantan Tengah yang diolah menjadi tanaman obat. Seperti Pasak bumi, Bawang Dayak, ataupun Daun atap yang kabarnya sudah ingin di ekspor ke negara Jepang.

Kendala sekarang yang dialami hanyalah masalah ijin produksi dan kadang hanya terbatas di sosialisaikan di pameran-pameran. P4TO juga sangat mengharapkan kerjasama dari pengusaha yang ingin secara aktif merambah usaha ke tanaman obat asli dari Kalimantan Tengah ini, ucapnya.


Yoan, Pengelola Laboratorium dari Bidang SDK (Sumber daya kesehatan) Seksi Prodis (Produksi Distribusi) Dinas Kesehatan Provinsi Kalteng menambahkan, P4TO yang berlokasi di Pal 10 Petuk Katimpun ini juga mengajak bagi masyarakat yang ingin bekerja sama atau ingin mengolah sendiri bahan-bahan tanaman obat yang dimiliki ke gedung langsung, di sana akan diajarkan bagaimana pengolahan secara standarisasi laboratorium, uji biologis, uji mikroba maupun pemaketan bahan tanaman obat secara benar. (YDS/Foto:YDS)

Yudistira

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Kalteng Bicara Baik.
Mari Jaga Lingkungan Kita.

Facebook