Apoteker Agent Of Change (AoC)

Kontribusi dari Martiana Winarsih, 12 Maret 2019 07:54, Dibaca 2,659 kali.


MMCKalteng – Palangka Raya - Upaya pemerintah dalam peningkatan kesehatan diwujudkan melalui Program Indonesia Sehat, dimana pemberdayaan masyarakat merupakan salah satu pilar utama, disampaikan oleh Helsy Pahlemi dari Direktorat Jenderal Kefarmasian dan Alat Kesehatan di Gedung Batang Garing, Senin (11/3/2019).

Pemberdayaan masyarakat dalam pelayanan kefarmasian dilaksanakan melalui kegiatan peningkatan penggunaan obat rasional pada masyarakat, upaya ini diwujudkan melalui Gerakan Masyarakat Cerdas memakai Obat.

(Baca Juga : Optimalisasi Pajak Restoran, Bapenda Kobar Dampingi Penggunaan Tapping Box kepada 13 Wajib Pajak)

Sampai dengan tahun 2018, sosialisasi GeMa CerMat telah dilaksanakan di 34 provinsi dan 173 Kabupaten/Kota.

Pada tahun 2019 Sosialisasi ini dilaksanakan oleh Direktoray Pelayanan Kefarmasian di 37 Kabupaten/Kota termasuk Kota Palangka Raya, ujarnya.

Dalam kegiatan ini, juga dilaksanakan pembekalan dan penunjukkan Apoteker terpilih sebagai Agent of Change (AoC).

Apoteker AoC diharapkan dapat menjadi pelaksana GeMa CerMat diwilayah kerja masing masing.

Lanjutnya, peran tenaga kefarmasian terutama apoteker perlu ditingkatkan dalam memberikan pelayanan informasi obat bagi masyarakat, khususnya Agent of Change.

GeMa CerMat, dapat menjadi panduan dalam melakukan edukasi bagi masyarakat tentang penggunaan obat secara benar, termasuk dalam memilih, mendapatkan, menggunakan, menyimpan dan membuang obat dengan benar.

Kami berharap dukungan semua pihak agar terwujud masyarakat yang cerdas dalam menggunakan obat menuju Indonesia Sehat, pungkasnya.

Keberadaan Apoteker Agent of Change merupakan upaya promotif-preventif kepada masyarakat dalam penggunaan obat secara benar agar resistensi penggunaan antibiotika dapat diatasi dg baik karena sekarang sudah masuk ke tahap mengkhawatirkan tutur salah satu Apoteker Agent Of Change, Tri Retno Aprilyaningrum dari Apotek Kutilang Farma.

Hal senada juga disampaikan oleh Eka Kaharap dari RSUD Kota Palangka Raya, tentang cara penggunaan obat yang benar dengan DaGuSiBu (Dapatkan, Gunakan, Simpan, Buang obat dengan benar). (MC.Isen Mulang)

Martiana Winarsih

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook