SDN Tampelas Berharap Dibangunkan Pagar dan Toilet

Kontribusi dari Sekretariat DPRD Provinsi Kalteng, 14 April 2021 10:19, Dibaca 52 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya – Ketersediaan Sarana Prasarana (Sapras) merupakan kewajiban yang harus dipenuhi dalam menunjang kemajuan dunia pendidikan. Namun sampai saat ini, masih banyak sekolah yang minim akan sapras khususnya di wilayah pelosok Bumi Tambun Bungai.

Seperti Sekolah Dasar Negeri (SDN) yang terletak di Desa Tampelas, Kecamatan Sepang, Kabupaten Gunung Mas (Gumas) yang mengusulkan bantuan peningkatan sapras berupa pembangunan pagar sekolah dan toilet. Usulan tersebut disampaikan secara langsung kepada Anggota DPRD Kalimantan Tengah (Kalteng) dari Daerah pemilihan (Dapil) I meliputi Kabupaten Gumas, Katingan dan Kota Palangka Raya, Dra Hj Siti Nafsiah, M.Si saat melaksanakan reses perseorangan ke wilayah setempat, beberapa waktu lalu.

(Baca Juga : Pimpinan dan Sekretaris Dewan Perkuat Sinergitas)

“Saat melaksanakan reses perorangan ke Desa Tampelas, masyarakat di sana berharap bantuan pembangunan pagar sekolah dan sarana toilet. Usulan pembangunan pagar sekolah tersebut sangat penting karena dikhawatirkan kondisi sekolah yang dekat dengan jalan raya dan rawan bagi siswa yang keluyuran,” ucap Siti Nafsiah saat dibincangi di gedung dewan, Selasa (13/4/2021).

Wakil Ketua Komisi III DPRD Kalteng yang membidangi Kesejahteraan Rakyat (Kesra) ini juga mengatakan bahwa pernah terjadi kecelakaan karena siswa yang bermain sambil berlarian keluar sekolah.

“Walaupun SDN Tampelas terletak di dalam perkampungan tapi posisinya persis di pinggir jalan raya, sehingga cukup membahayakan para pelajar dan informasinya, pernah terjadi kecelakaan akibat pelajar yang bermain sambil berlarian keluar sekolah,” ungkapnya.

Selain itu, sarana toilet di SDN Tampelas juga mengalami kerusakan. Oleh karena itu, aspirasi dan usulan yang disampaikan masyarakat Tampelas diharapkan dapat direalisasikan pemerintah melalui Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Gumas, karena untuk sekolah setara SD dan SMP merupakan kewenangan Kabupaten/Kota.

“Pihak sekolah sudah mengajukan bantuan pembangunan pagar dan perbaikan toilet sejak tahun 2016. Namun sampai saat ini belum direalisasikan pemerintah setempat. Oleh karena itu, saya akan meneruskan serta memperjuangkan aspirasi ini agar bisa secepatnya direalisasikan,” pungkasnya. (Rovie / Foto: Rovie)

Sekretariat DPRD Provinsi Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Kalteng Bicara Baik.
Mari Jaga Lingkungan Kita.

Facebook