Diskominfo Pulang Pisau Ajak Masyarakat Kenali Hoaks

Kontribusi dari Kominfo Pulang Pisau, 06 Maret 2019 22:26, Dibaca 731 kali.


MMCKalteng - Pulangpisau - Maraknya berita bohong atau hoaks yang beredar di media sosial jelang pelaksanaan pemilu serentak Legislatif dan Presiden 2019 cukup mengkhawatirkan, Pemerintah Kabupaten Pulang Pisau melalui Dinas Komunikasi Informatika, Statistik dan Persandian (Diskominfo) Kabupaten Pulang Pisau mengajak kepada para netizen (warga internet) yang ada di Kabupaten Pulang Pisau untuk selalu bijak dan cerdas dalam menggunakan media sosial.

Hal ini disampaikan Kepala Diskominfo Kabupaten Pulang Pisau, Moh. Insyafi di Pulang Pisau, Rabu (6/3).

(Baca Juga : DPRD Gumas Tetapkan Fraksi Pendukung dan Alat Kelengkapan Dewan)

“Maraknya konten-konten negatif di dunia maya, seperti berita bohong atau hoaks yang terjadi saat ini cukup mengkhawatirkan karena bisa berpengaruh kepada masyarakat dan kelompok tertentu sehingga berpotensi menimbulkan konflik,” kata Insyafi.

Oleh karena itu, kami mengajak kepada masyarakat Kabupaten Pulang Pisau untuk tidak mudah percaya terhadap informasi yang diterima, terutama di media sosial, dan bersikap kritis, bijak dalam menilai sebuah pemberitaan.

Selain itu, Insyafi juga meminta kepada para netizen untuk mengenali sumber situsnya, isi beritanya serta siapa yang menyampaikan berita tersebut.

Dan terlebih untuk judul yang provokatif agar berhati-hati, usahakan jangan hanya membaca judulnya saja karena terkadang masyarakat hanya membaca judulnya saja tanpa membaca secara menyeluruh isi beritanya.

Lanjutnya, apabila ada indikasi berita tersebut adalah hoaks, jangan mencobanya untuk membagikan situs tersebut kepada yang lain, karena ini bisa membahayakan semua pihak, laporkan kepada pihak yang berwenang atau komunitas anti hoaks.

Lebih bagus lagi kalau bisa membantu melakukan klarifikasi seluas-luasnya kepada masyarakat bahwa telah terjadi pemberitaan yang tidak benar. Dengan demikian, masyarakat yang sudah terlanjur menerima berita hoaks tidak akan menerima informasi hanya dari satu arah, karena ada informasi berimbang yang mampu memberikan penilaian terhadap isi pemberitaan tersebut. Dan yang terpenting adalah jalankan prinsip verifikasi karena salah satu instrumen dalam mencari kebenaran adalah verifikasi, pungkasnya. (MC. Pulang Pisau/Amel/Wardoyo/Rj)

Kominfo Pulang Pisau

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook