Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan, Pergunu Mempunyai Peran Penting di Masyarakat

Kontribusi dari MTsN 2 Palangka Raya, 04 Juni 2021 20:20, Dibaca 37 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya - Anggota Badan Sosialisasi Majelis Permusyawaratan Rakyat Repubik Indonesia (MPR-RI) yang dipimpin oleh Syaifullah Tamliha mensosialisasikan Empat Pilar MPR-RI di hadapan sekira 300 peserta terdiri dari Keluarga Besar Persatuan Guru Nahdlatul Ulama (PERGUNU) se-Kalimantan Tengah terdiri dari Guru Madrasah, Pengawas Madrasah, dan Banom NU, Fatayat, Muslimat, Ansor, Tokoh-Tokoh Masyarakat dan Agama, di Hotel Bahalap jalan RTA Milono, Jumat (4/6/2021). Ketua PW Pergunu Kalimantan Tengah, Untung Surapati mengatakan tantangan saat ini yang dihadapi tidak lagi satu arah melainkan banyak hal, termasuk di media sosial semua harus diimbangi dengan pendidikan karakter.

"Kami berharap para guru bisa membimbing para putra putrinya dalam bermedia sosial. Apalagi ujaran kebencian yang marak di media sosial. Memahami Pancasila bukan sekedar silanya saja tapi juga sejarahnya yang diamanatkan oleh pendiri bangsa ini," ujarnya.

(Baca Juga : Pendidikan Inklusif Terus di Maksimalkan)

Untung Surapati menambahkan sosialisasi empat pilar merupakan sesuatu yang esensial dalam memperkokoh semangat persatuan bangsa dalam menumbuhkan rasa cinta tanah air terutama kaum millenial.

"Semakin merosotnya pengetahuan tentang nilai-nilai Pancasila, UUD 1945 dan Bhinneka Tunggal Ika sehingga saat ini nilai itu menjadi asing. Semoga dengan mengikuti Sosialisasi Empat Pilar MPR RI ini bisa menumbuhkan semangat nasionalisme, patriotisme dan Pancasila serta menjunjung tinggi nilai-nilai kebangsaan," harapnya.

Sementara itu Anggota MPR RI, Muhammad Saleh mengatakan Sosialisasi Empat Pilar MPR RI di kalangan Guru Nahdlatul Ulama merupakan posisi yang strategis dan mempunyai peran dan pengaruh yang besar di kalangan masyarakat.

"Sosialisasi di kalangan Guru Nahdlatul Ulama bukan tanpa pertimbangan, karena kami memandang peran Guru NU mempunyai posisi yang strategis dan pengaruh yang besar di masyarakat, makanya melalui diskusi kami tetap Sosialisasi Empat Pilar MPR RI ini dilaksanakan di kalangan Guru NU," ucapnya saat menyampaikan sambutan sekaligus membuka kegiatan Sosialisasi Empat Pilar MPR RI di Hotel Bahalap.

Muhammad Saleh berharap nantinya setelah Sosialisasi Empat Pilar MPR RI, peserta yang mengikuti mampu juga mensosialisasikan Empat Pilar Kebangsaan di lingkungannya masing-masing.

"Kami berharap Guru Nahdlatul Ulama, Tokoh-tokoh Agama, di lingkungan masing-masing. Dengan cara itulah nilai-nilai kebangsaan ini tetap terjaga dan eksis di NKRI ini," harapnya (Anastas Khumaini/Foto/PW Pergunu)

MTsN 2 Palangka Raya

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Mari Jaga Lingkungan Kita.

Facebook