Kembangkan Kesenian Melalui Paguyuban Kuda Lumping \" Wargo Setyo Budoyo\" Palangka Raya

Kontribusi dari Martiana Winarsih, 24 November 2019 22:33, Dibaca 122 kali.


MMCKalteng, Palangka Raya – Paguyuban Kuda Lumping Paguyuban kuda lumping “Wargo Setyo Budoyo” yang telah berusia 11 tahun tepat pada hari ini,  Minggu (24/11/2019). Paguyuban yang bergerak dibidang kesenian tradisional ini merupakan paguyuban resmi secara legal formal dan diakui oleh negara. 

(Baca Juga : Berharap Tak Ada Lonjakan Harga Komoditas Pasca Lebaran)

Walikota Palangka Raya, Fairid Naparin di tengah-tengah kegiatannya meninjau proyek pembangunan Jl. Piranha menyempatkan diri untuk hadir dalam rangka HUT Paguyuban Kuda Lumping Wargo Setyo Budoyo yang ke 11. Paguyuban kuda lumping Wargo Setyo Budoyo dengan ketua, Suyitno dan wakil ketuanya adalah Joko Santoso.

Fairid sampaikan selaku penasehat dan pelindung bagi penggerak seni di Kota Palangka Raya akan membantu untuk memikirkan tempat untuk mengembangkan kreativitas para penggerak seni agar mempunyai sanggar secara permanen karena selama ini tempatnya masih berpindah-pindah. Nanti kita akan koordinasikan dengan Dinas Pariwisata untuk membantu mencarikan tempat sanggar untuk mengembangkan kreatifitas seniman kuda lumping, tuturnya. 

Pada kesempatan yang sama Ketua Paguyuban Kuda Lumping  Wargo Setyo Budoyo, Suyitno memberikan apresiasi kepada Walikota Palangka Raya, Lurah Bukit Tunggal, Herry Fauzy, Babinsa Kelurahan Bukit Tunggal, M. Arifin , Tokoh Masyarakat dan Masyarakat RT 05 Kelurahan Bukit Tunggal yang selalu mendukung paguyuban ini.

Lanjut Suyitno, sebagai pelaku seni akan berusaha bersinergi dengan Pemerintah Kota Palangka Raya di bidang kesenian dan kedepan agar diijinkan untuk bisa memberikan hiburan di taman – taman yang telah dibangun oleh Pemkot sehingga penggiat seni bisa berekspresi menyalurkan karya seninya untuk menghibur masyarakat Kota Palangka Raya.

Suyitno juga sampaikan terima kasih karena telah dibangun jalan yang beraspal. Semoga walikota selalu amanah dalam menjalankan tugasnya. Dengan keberadaan paguyuban Kuda Lumping yang sampai saat ini berjumlah 26 grup dapat digunakan sebagai wadah silaturahmi dan mendukung program pemerintah di bidang pariwisata,tentunya banyak tantangan dalam perjalanannya. 

Sebelum  meninggalkan tempat acara Walikota Palangka Raya juga berkesempatan untuk melakukan pemotongan tumpeng sebagai tanda perayaan HUT ke 11 Paguyuban Kuda Lumping Wargo Setyo Budoyo yang berada di RT 05 Kelurahan Bukit Tunggal. ( MC. Isen Mulang )

 

Martiana Winarsih

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Mari Jaga Lingkungan Kita.
Kalteng Bicara Baik.

Facebook