Jangan Ragu Sampaikan Keluhan Infrastruktur ke Aplikasi LAPOR

Kontribusi dari Martiana Winarsih, 22 Februari 2019 08:49, Dibaca 308 kali.


MMCKalteng – Apabila masyarakat mengeluhkan atau menemukan berbagai masalah dalam pembangunan, maka tidak perlu  kesusahan lagi untuk memberitahukan kepada Pemerintah Kota (Pemko) Palangka Raya atau Dinas terkait. Pasalnya, Pemko sudah memiliki aplikasi yang dinamakan LAPOR  untuk menampung aspirasi dan usulan masyarakat terkait beragam hal.

Plt Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), Albert Tombak mengatakan, aplikasi ini tak hanya untuk melaporkan kinerja pelayanan pemerintah secara umumnya, namun  Jika masyarakat mengeluhkan atau menemukan infrastruktur seperti jalan maupun drainase yang rusak ataupun usulan serta saran pembangunan infrastruktur, maka bisa melaporkan melalui aplikasi lapor tersebut.

(Baca Juga : Angkutan Bus Gratis Diminati Masyarakat)

“Jika ada infrastruktur jalan yang rusak bisa dilaporkan ke aplikasi lapor. Tim teknis kami siap menyaring dan mengumpulkan aspirasi, pendataan dan pemantauan ke lapangan, ”ungkapnya, Kamis (21/2/2019).

Albert menyarankan, masyarakat tidak perlu ragu atau sungkan dalam memanfaatkan keberadaan aplikasi lapor tersebut, terlebih jika menemukan atau mengeluhkan infrastruktur jalan atau drainase yang mengalami kerusakan.

Pihak PUPR kota itu sendiri kata dia, mengakui jika  ada beberapa ruas jalan dan fasilitas umum yang menjadi kewenangan pihaknya mengalami  kerusakan hingga meresahkan masyarakat.

Salah satu contohnya persimpangan Jalan Keminting yang banyak berlobang. Lalu ada saluran drainase di Jalan Imam Bonjol yang tak ada penutupnya sehingga membahayakan.

“Dua hal tersebut bisa menjadi contoh untuk dilaporkan melalui aplikasi lapor. Bagusnya jika disertakan keluhan dan bukti foto fasilitas yang rusak. Intinya, kami akan segera menindaklanjuti tergantung tingkat prioritasnya,”ujar Albert.

Dia pun  berharap agar partisipasi masyarakat dalam hal mengawasi pembangunan dan kondisi fasilitas umum bisa terus ditingkatkan, terutama yang menjadi ranah pihak Pemerintah Kota Palangka Raya melalui instansi terkaitnya  dalam hal pengelolaan dan perawatan.

“Masyarakat di era saat ini memiliki aplikasi berbasis smartphone, nah ini bisa dimanfaatkan dalam banyak hal. Termasuk pemanfaatan aplikasi LAPOR”, pungkas Albert. (MC. Isen Mulang)

Martiana Winarsih

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook