Rutan Palangka Raya Gelar Diklat Kualitas dan Produktivitas Tenaga Kerja Kejuruan Bangunan bagi WBP

Kontribusi dari Humas Kemenkumham Kalteng, 20 Februari 2019 20:33, Dibaca 315 kali.


MMCKalteng - Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas II A Palangka Raya bekerjasama dengan Balai Latihan Kerja (BLK) Kota Palangka Raya melaksanakan kegiatan Pendidikan dan Pelatihan Kualitas dan Produktivitas Tenaga Kerja Kejuruan bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP), Rabu (20/02). 

Bertempat di Aula lantai dua Rutan Kelas II A Palangka Raya acara pembukaan Diklat dimulai pukul 10.30 WIB. Kepala Rutan Palangka Raya Akhmad Zaenal Vikri dalam laporannya menyampaikan bahwa kegiatan Diklat Kualitas dan Produktivitas ini diikuti 16 orang WBP dimana waktu pelaksanaannya selama 35 hari yakni dimulai pada hari ini 20 Februari hingga 27 Maret 2017. 

(Baca Juga : TANGGAP KEADAAN, RUTAN FASILITASI SALAH SATU WARGA BINAANNYA MELAHIRKAN DIRUMAH SAKIT)

Dijelaskannya, bahwa kegiatan Diklat ini dibiayai sepenuhnya oleh BLK Kota Palangka Raya dari APBN Pemerintah Kota Palangka Raya dengan tujuan bahwa dengan Diklat Kualitas dan Produktivitas Tenaga Kerja Kejuruan ini bisa menghasilkan calon tenaga ahli yang terampil dibidangnya serta memiliki kompetensi dalam menyambut era keterbukaan. 

Sementara dalam sambutannya Kepala BLK Kota Palangka Raya Andi Cipta M. Silalahi mengatakan bahwa Kementerian Tenaga Kerja berdasarkan regulasinya melaksanakan Pendidikan dan Pelatihan bersifat tidak diskriminasi, artinya pihaknya akan menyambut baik siapa saja yang mau melaksanakan pelatihan, tidak terkecuali hal nya bagi WBP seperti sekarang ini.

Menurutnya berdasarkan SOP BLK bahwa 1 orang instruktur perbandingannya bisa melatih sebanyak 16 orang peserta, hal ini untuk memfokuskan para peserta agar menjadi benar-benar terampil dan ahli dibidang pelatihan yang kita berikan. 

Melalui Diklat ini dirinya berpesan bahwa dunia pekerjaan sekarang ini berfokus pada kompetensi oleh karena itu yakinlah dengan memiliki ketrampilan kalian pasti akan mudah untuk mendapatkan pekerjaan. 

Selanjutnya Kakanwil Kemenkumham Kalteng Juliasman Purba membuka Diklat ini secara resmi. Dalam sambutannya Kakanwil mengatakan bahwa kedepan persaingan dalam duni kerja tentu akan lebih meningkat dan kompetitif. Oleh karenanya sudah seharusnya kita mempersiapkan SDM yang handal yang memiliki kompetensi dan kreativitas sehingga tidak tertinggal jauh. 

Di era globalisasi sekarang ini dunia terasa semakin kecil karena pekerjaan dan daya saing terbuka bagi siapa saja yang ahli baik itu bagi tenaga kerja kita maupun Tenaga Kerja Asing (TKA). Maka dari itu melalui kegiatan ini hendaknya dimanfaatkan dengan baik, berkreasilah serta buka peluang usaha agar kedepan para WBP kita bisa mandiri dan berkarya tentunya untuk kehidupan selanjutnya yakni pada saat menghirup udara bebas nanti.

Pesan Kakanwil, biarlah saat ini kalian dianggap salah oleh semua orang tetapi dengan kesalahan ini mari kalian bangkit dan buktikan bahwa kalian adalah orang-orang yang dibutuhkan suatu hari kelak. Jangan menyerah walaupun berada ditempat terbatas, tapi jangan berhenti untuk berkreativitas, terang Kakanwil mengakhiri sambutannya.

Acara pembukaan Diklat  Kualitas dan Produktivitas Tenaga Kerja Kejuruan WBP ini selain dihadiri pihak BLK Kota Palangka Raya juga dihadiri Kepala Bidang Keamanan, Humas Kantor Wilayah serta awak media yang ada di Kota Palangka Raya. (Red-dok. Pirhan Humas Kalteng.Feb 2019).

Humas Kemenkumham Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook