Hadirnya CCTV Bisa Kurang Pelanggaran Lalu Lintas

Kontribusi dari Iin Carolina, 31 Januari 2019 08:34, Dibaca 8 kali.


MMCKalteng – Kepala Dinas Perhubungan Kota Palangka Raya Drs. Eldy, M.Si menyebut, nantinya setelah 10 unit CCTV sudah terpasang maka manfaatnya bisa mengurangi jumlah pelanggaran lalu lintas, sebab para pengendara akan berpikir dua kali untuk melakukan pelanggaran, misalnya menerobos lampu merah, karena aksinya akan terpantau melalui layar monitor.

Karena itu pihaknya mengimbau kepada masyarakat Kota Palangka Raya mulai saat ini mulai membiasakan tertib berkendara sebelum operasional 10 unit CCTV tersebut disosialisasikan.

(Baca Juga : Ben: Laksanakan Tugas dengan Baik dan Penuh Tanggung Jawab)

“Jika setelah disosialisasikan, namun masih ada saja yang melanggar, maka pihak dinas perhubungan tinggal mencatat nomor plat kendaraan dan kemudian diteruskan ke kepolisian untuk ditilang dan selanjutnya dilakukan sidang,” ucap Eldy, Rabu (30/1/2019).

Eldy mengatakan pelanggaran lalu lintas yang tertangkap kamera CCTV nantinya tidak hanya bisa dilihat oleh petugas dinas perhubungan, tapi juga oleh pihak Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik, dan Persandian Kota Palangka Raya, karena jaringan internetnya nanti mereka yang mengelola.

Di sisi lain pihaknya masih memaklumi jika saat ini masih ada pengendara yang melanggar atau menerobos lampu merah meski sudah terekam CCTV, karena perdanya belum ada, namun setelah aturannya sudah dibuat, maka tidak ada istilah ampun, semua pelanggar pasti akan ditindak sesuai peraturan yang berlaku.

Iin Carolina

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook