Optimalisasikan Aset Daerah untuk PAD

Kontribusi dari Sekretariat DPRD Provinsi Kalteng, 31 Januari 2019 00:47, Dibaca 15 kali.


MMCkalteng – Kalangan DPRD Kalimantan Tengah (Kalteng) meminta pemerintah setempat mengoptimalisasi lagi aset daerah yang berpotensi meningkatkan pendapatan asli daeah (PAD).

Anggota Komisi A DPRD Kalteng Hj Nataliasi mengatakan, beberapa aset yang menjadi perhatian seperti hotel, mess yang ada di sejumlah dinas, LPMP, dan sebagainya. Artinya kalau itu bisa dipergunakan dengan baik, tentunya tidak perlu memanfaatkan fasilitas di luar itu, hingga mengeluarkan biaya yang tidak sedikit.

(Baca Juga : Pemprov Serahkan LPJ Pelaksanaan APBD 2019)

“Banyak jenis aset daerah seperti aula, gedung pertemuan, atau lainnya itu bisa dikelola dengan baik, karena bisa saja ada potensi mubazir disitu. Pasalnya dalam pelaksanaannya, sudah dianggarkan dana pemeliharaan atau sejenisnya dalam tindaklanjut itu,” kata Nataliasi belum lama ini.

Nataliasi mencontohkan, aset yang sudah cukup bagus penggunaannya seperti Bapelkes, dua fungsi yaitu penginapan dan aulanya berjalan sebagaimana mestinya. Maka untuk itu dirinya berharap, pihak lain bisa mencontoh pengelolaannya dari fasilitas tersebut. Dalam pengelolaan pun sejumlah aset-aset yang ada, juga mesti ditinjau dari segi pengelolaannya.

Apabila memungkinkan, dari ASN saja yang mengelolaannya. Jangan menggunakan pihak ketiga, karena berkaca pada salah satu aset yang gagal beroperasi, akibat pengelolaan di luar lingkup pemerintahan.  

Dirinya juga berharap pemanfaatan aset di luar daerah juga wajib terkelola dengan baik. Keberadaan dari fasilitas itu selain tepat guna, juga bermanfaat dalam mempromosikan daerah. Contohnya Mess Kalteng di Jakarta, yang dalam waktu dekat akan menggunakan fasilitas lift. Pengadaan itu memberikan kemudahan akses bagi para pengunjung yang datang. Tentunya bagi sebagian tamu yang menginginkan kenyamanan, tidak lagi harus menaiki tangga.

Sekretariat DPRD Provinsi Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook