ASN Harus Memahami Hak dan Kewajiban Saat Jalani Purna Tugas

Kontribusi dari Iin Carolina, 29 Januari 2019 06:03, Dibaca 1,706 kali.


MMCKalteng - Guna meningkatkan pelayanan dan kesejahteraan aparatur sipil negara (ASN), maka Pemerintah Kota Palangka Raya bersama PT. Taspen (Persero) dan PT.Mandiri Taspen menggelar sosialisasi ketaspenan, pemberkasan dan enrollment, Senin (28/1/2019).

Kegiatan yang dilaksanakan di Aula Asrama Haji Jalan G.Obos Palangka Raya tersebut dibuka oleh Wakil Walikota Palangka Raya Hj.Umi Mastikah dengan dihadiri jajaran umum dan kepegawaian pada status perangkat daerah (PD) lingkup Pemkot Palangka Raya.

(Baca Juga : Perkuat Integritas ASN Dalam Etos Kerja)

Dalam arahannya, Umi mengatakan pemerintah daerah menyambut baik pelaksanaan sosialisasi tersebut, dimana dimaksudkan agar ASN maupun ASN yang memasuki masa purna tugas dapat memahami hak dan kewajibannya.

"Peraturan Pemerintah Nomor 70 Tahun 2015 tentang jaminan bagi pensiunan merupakan program Taspen dan berguna bagi kesejahteraan dan penguatan perlindungan kepada ASN saat purna tugas," jelasnya.

Dalam bagian lain tambah Umi, masa purna tugas merupakan hak bagi ASN yang telah memenuhi syarat dan ketentuan yang telah ditetapkan oleh PP Nomor 11 Tahun 2017 tentang manajemen pegawai negeri sipil. Sebab itu bagi ASN yang telah memasuki batas usia pensiun (BUP), pensiun atas permintaan sendiri (APS) atau pensiun janda/duda PNS, juga dapat mengajukan permohonan pensiun tersebut kepada Walikota Palangka Raya melalui BKPP Kota Palangka Raya selambat lambatnya enam bulan sebelum memasuki usia pensiun,"jelasnya.

"Terimakasih dan apreasiasi kami sampaikan kepada para ASN yang telah bekerja dan mengabdi kepada Pemerintah Kota Palangka Raya hingga menjelang masa purna tugas ini," tuturnya lagi.

Adapun dalam kegiatan sosialisasi ini Wakil Walikota juga menyerahkan secara simbolis buku tabungan pensiun (Taspen) Kepada salah satu ASN di lingkungan Pemerintah Kota Palangka Raya yang akan memasuki masa purna tugas pada bulan Februari 2019 mendatang. 

Iin Carolina

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook