Festival Budaya Daerah Danau Sembuluh

Kontribusi dari Meirilina, 19 Januari 2019 09:37, Dibaca 991 kali.


MMCKalteng - Wakil Bupati Seruyan Hj. Iswanti, S.E., M.M. meninjau kesiapan serta sarana prasarana penunjang Festival Budaya Daerah Danau Sembuluh (19/01).  . Danau Sembuluh merupakan salah satu tempat wisata di Kabupaten Seruyan. Potensi wisata dan menjadi desa wisata sangat memungkinkan untuk dikembangankan, salah satunya melalui Festival Budaya Daerah Danau Sembuluh. Festival Budaya Daerah yang akan di selenggarakan di Danau Sembuluh pada tanggal 7 sampai dengan 10 Februari 2019.

Danau Sembuluh merupakan sebuah kawasan wisata yang penting untuk dikelola dan ditangani dengan baik. Agar dapat memberikan kontribusi bagi perkembangan daerah, baik dari segi ekonomi, sosial masyarakat dan juga pelestarian lingkungan hidup.

(Baca Juga : Peresmian Kapal Wisata Kahayan Berkah Bertenaga Surya)

Danau Sembuluh merupakan danau terbesar di Kalimantan Tengah dengan luas 7.832,5 Ha. Danau ini merupakan tempat bermuaranya sungai-sungai besar dan kecil dan terdapat beberapa desa disekitarnya seperti Desa Sembuluh I, Desa Sembuluh II, Desa Bangkal dan Desa Terawan. Untuk mencapai Danau ini dapat ditempuh dengan menggunakan transportasi darat sejauk 130 KM dari kota Sampit. Danau yang mempunyai pesisir pantai yang berpasir putih dan tidak mudah kering disaat musim kemarau. Indah disaat air pasang dan lebih indah saat musim kemarau serta kaya akan jenis ikan dan dibingkai hutan alam dengan berbagai jenis tumbuhan tropis. 

Hj. Iswanti juga mengajak seluruh masyarakat Seruyan untuk bersama sama menyukseskan penyelenggaraan Festival Budaya Daerah Danau Sembuluh ini. Festival Budaya daerah Danau Sembuluh merupakan pagelaran seni budaya daerah yang menjadi agenda tahunan Pemerintah Daerah Kabupatem Seruyan.  

Acara Festival Budaya Daerah Danau Sembuluh ini terdapat beberapa lomba antara lain : Dayung Tradisional, Lomba Besei Kambe, Balogo, Bagasing, Lomba Kuliner Daerah, Bekasai Pupur Dingin dan Membunyikan Meriam, nantinya akan diselenggarakan pula kegiatan sosial seperti pelayanan kesehatan , pelayanan KB dan sunatan masal.(my/prokom/kominfo)

 

Meirilina

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Kalteng Bicara Baik.
Mari Jaga Lingkungan Kita.

Facebook