Penyusunan Renstra Jangan Bersifat Seremonial Belaka

Kontribusi dari Martiana Winarsih, 17 Januari 2019 07:50, Dibaca 342 kali.


MMCKalteng - Walikota Palangka Raya Fairid Naparin meminta semua Organisasi Perangkat Daerah dilingkup Pemerintah Kota Palangka Raya, dapat menyusun rencana strategis ( Renstra) yang di tuangkan pada program dan kegiatan pada masing-masing OPD harus sejalan dengan visi dan misi Walikota dan Wakil Walikota.

Penegasan itu disampaikan Walikota Fairid pada Forum Perangkat Daerah penyusunan Renstra Kota Palangka Raya Tahun 2018-2023, di Aula Peteng Karuhai II Sekretariat Daerah Kota Palangka Raya, Rabu ( 16/1/2019)

(Baca Juga : Serah Terima Jabatan Kadis Kominfo Santik, Ini Pesan Dihel)

Dikatakan dalam Forum Penyusunan Renstra tersebut sebagai wadah untuk melakukan sinkronisasi dan sinergitas dalam penyusunan RPJMD Kota Palangka Raya. " Rencana Strategis (Rnstra) dari OPD sangat diperlukan untuk menentukan program prioritas. Terutama keberhasilan dalam menjalankan visi dan misi yang ditetapkan untuk lima tahun kedepan," tegasnya.

Kata Fairid, melalui forum ini menjadi landasan di dalam memberikan masukan sekaligus penajaman Renstra untuk diwujudkan dalam pelaksanaan program OPD. " Kita menyadari penyusunan Renstra ini bukan pekerjaan mudah, dan tidak bisa dikerjakan satu atau dua orang saja melainkan perlu sinergi dalam prosesnya, terutama dalam melihat rasionalisasi anggaran yang ada," terangnya lagi.

Fairid juga menekankan, hendaknya dalam penyusunan Renstra nantinya harus menyesuaikan dengan program prioritas pembangunan, yakni dengan sembilan prioritas dari visi dan misi yang ada.

" Ada sembilan koridor dalam visi dan misi Pemerintah Kota Palangka Raya saat ini, yang harus dijalankan dalam penyusunan Renstra setiap OPD dan ini disesuaikan dengan RPJMD," tekannya.

Walikota Palangka Raya ini juga mengingatkan, agar dalam setiap penyusunan program-program harus berdampak pada harapan serta kesejahteraan masyarakat. " Program jangan hanya sebatas seremonial, namun harus ada hasil yang dapat dirasakan masyarakat secara langsung," tutupnya.

Adapun dalam forum tersebut turut dihadiri Wakil Walikota Palangka Raya, Hj. Umi Mastikah, para Asisten dan Staff Ahli Setda Kota Palangka Raya maupun jajaran Kepala OPD lingkup Pemerintah Kota Palangka Raya.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Martiana Winarsih

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook