Jaga Stabilitas Harga, DPKH Kobar Gelar Rakor Evaluasi Harga Komoditas Ayam Potong

Kontribusi dari Muhammad Agusta Wijaya, 14 Desember 2018 18:22, Dibaca 5 kali.


MMC Kalteng - Sebagai upaya menjaga kestabilan harga daging ayam potong yang biasanya mengalami kenaikan menjelang hari raya keagamaan dan tahun baru, Dinas Peternakan dan Peternakan Hewan (PKH) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) menggelar rapat koordinasi evaluasi harga komoditas ayam potong di Aula Dinas PKH Kobar, Kamis (13/12).

Kepala Dinas PKH Kobar Ida Pandanwangi mengatakan, rakor evaluasi ini sebagai upaya bersama untuk pengendalian harga komoditas ayam potong sekaligus menggali informasi tentang ketersediaan ternak ayam potong.

(Baca Juga : Kafilah Pulang Pisau Siap Ikuti MTQ Tingkat Provinsi Kalteng dI Barsel)

Ia pun berharap melalui rapat ini dapat terjalin kemitraan yang saling menguntungkan antara poultry shop dengan peternak.

Selain itu, ditambahknya pula untuk menghasilkan ayam potong yang berkualitas upaya yang perlu dilakukan peternak saat ini adalah pemilihan Day Old Chicken (DOC) dan pakan ternak yang berkualitas.

“Dengan melakukan budidaya ternak yang baik dan menjaga agar ternak tetap sehat, harga jual akan sesuai rencana,” katanya.

Sementara itu, Kabid PPSK Dinas PKH Kobar Rubiansyah juga menyampaikan bahwa untuk menjaga stabilitas harga, perlu kestabilan persediaan produk dan distribusi yang efisien.

Ketua Asosiasi Poultry H Kiki dalam kesempatan itu menyampaikan bahwa stock ayam potong berdasarkan DOC yang masuk di Kobar masih stabil.

“Harga DOC masih belum ada kenaikan,” ujarnya.

Mujianto, salah pelaku usaha ternak di Kobar juga menyampaikan bahwa untuk mendapatkan data yang konkret perlu adanya laporan stock yang berasal dari poultry shop.

“Tinggi rendahnya harga dipengaruhi oleh stock dan permintaan konsumen, serta dipengaruhi juga oleh ketersediaan dan harga ayam potong di wilayah kabupaten tetangga seperti Sampit, Banjar, Pontianak dan Palangkaraya,” ujarnya.

Hadir pada rapat itu, perwakilan asosiasi peternak ayam potong dan asosiasi poultry shop Kabupaten Kobar. Hadir pula Kabid Perdagangan Disperindagkop UKM Kobar Tridoso Eko Lusino dan Kabid Distribusi dan Cadangan Pangan Dinas Ketahanan Pangan Kobar Syahyani. (Humas Diskominfo Kobar/DPKH)

Muhammad Agusta Wijaya

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook