Pentingnya Dialog Antar Generasi Untuk Meningkatkan SDM di Kalteng

Kontribusi dari Rikah Mustika, 12 Desember 2018 15:14, Dibaca 7 kali.


MMCKalteng-Dialog Antar Generasi yang merupakan salah satu acara Peringatan Hari Ibu ke-90 di Istana Isen Mulang Rumah Jabatan Gubernur Kalimantan Tengah sangat penting untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia di Kalimantan Tengah. Acara tersebut dihadiri langsung oleh Menteri Pemberdayaan dan Perlindungan Anak RI, Prof. DR. Yohana Susana Yembise, Dip. Apling, MA, Rabu (12/12).

Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Tengah Fahrizal Fitri, S.Hut, MP mewakili Gubernur Kalimantan Tengah menyampaikan bahwa Kalimantan Tengah memiliki cukup banyak tantangan, salah satunya adalah banyak perempuan di Provinsi Kalimantan Tengah yang mengalami ketidakadilan dalam hal kesetaraan gender dalam perspektif budaya.

(Baca Juga : Gubernur Kalteng Sugianto Sabran : Banjir Berulang, Pemkab Harus Fasilitasi Relokasi Lahan Pertanian, Pemprov Kalteng Support Bibit)

Oleh sebab itu hal-hal pokok yang menjadi bahan diskusi dalam dialog kali ini yaitu implementasi UU Nomor 31 Tahun 2002 tentang partai politik dan UU Nomor 12 tahun 2003 tentang Pemilu yang mengisyaratkan keterwakilan perempuan dalam legislatif dan mendorong kesetaraan gender melalui keterwakilan perempuan dalam lembaga OPD, kesempatan perempuan memimpin sebagai kepala perangkat daerah, anggaran pemerintah pusat dan daerah yang responsif gender, Kalimantan Tengah menjadi salah satu Pilot Project penyusunan Sistem Peradilan Pidana Terpadu terhadap perempuan, penguatan ketahanan keluarga melalui peningkatan pendidikan wajib belajar 12 tahun, penguatan sektor kesehatan dalam upaya penyelesaian masalah stunting di Kalimantan Tengah, serta pencegahan dan penghapusan perkawinan usia anak. (Rikah / Foto: Asep)

Rikah Mustika

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook