Wagub H. Edy Pratowo Membuka Secara Resmi Rakorda FKUB Kabupaten/Kota se-Kalteng Tahun 2021

Kontribusi dari Widia Natalia, 07 Desember 2021 11:31, Dibaca 1,251 kali.


MMCKalteng – Palangka Raya – Wakil Gubernur Kalteng H. Edy Pratowo membuka secara resmi Rapat Koordinasi Daerah Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten/Kota se-Kalteng Tahun 2021. Kegiatan ini berlangsung terpusat di Aula Eka Hapakat, Lt. III Kantor Gubernur Kalteng, Selasa (7/12/2021).


Kegiatan ini mengusung Tema "Penguatan Peran FKUB dalam Memelihara Kerukunan di Kalimantan Tengah”.

(Baca Juga : Kalteng Mengalami Kebakaran Hutan dan Lahan di Sejumlah Titik)

Wagub saat membacakan sambutan tertulis Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran menyampaikan Rakorda-FKUB Kabupaten/Kota se-Kalteng Tahun 2021 merupakan implementasi peran dan fungsi FKUB di Kalteng dalam menjaga harmonisasi Kerukunan Umat Beragama, dengan harapan FKUB mampu mengembangkan komunikasi secara terbuka sekaligus mampu mencarisolusi dalam menyelesaikan berbagai permasalahan baik yang terjadi saat ini maupun permasalahan yang akan dihadapi. Sebagaimana diketahui, FKUB khususnya di Kalteng antara lain sebagai rujukan tentang kerukunan, netralitas dalam penanganan persoalan/konflik masyarakat, mediator dalam perselisihan dan juga sebagai juru bicara untuk kepentingan semua agama serta bijak dalam tindakan guna menyikapi segala bentuk permasalahan.

Diharapkan, melalui Rakorda FKUB Kabupaten/Kota se-Kalteng ini, mampu menghasilkan kesepakatan yang strategis dan aktual guna meningkatkan dan memantapkan peran serta kualitas keberadaan FKUB, ditambah lagi dengan dukungan yang diberikan oleh Pemerintah Daerah, baik di Provinsi maupun di Kabupaten/Kota se-Kalteng. Kerukunan umat beragama menjadi kunci terpenting dalam terbentuknya FKUB itu sendiri yang dilandasi toleransi, saling pengertian, saling menghormati, menghargai kesetaraan dalam pengamalan ajaran agamanya dan kerjasama dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

H. Edy Pratowo menghimbau kepada seluruh peserta Rakorda-FKUB agar dapat mengungkapkan kekuatan dan kelemahan yang diperoleh dalam melaksanakan program dan kegiatan tahun 2021 sekaligus memberikan solusi perbaikan untuk periode berikutnya. Edy juga mengucapkan terima kasih kepada segenap Anggota FKUB dan seluruh masyarakat yang telah menciptakan Kerukunan di Kabupaten/Kota se-Kalteng, sehingga sampai saat ini Kerukunan umat beragama di Kalimantan Tengah dalam kondisi Kondusif dan Harmonis.

Turut hadir Kepala Perangkat Daerah Prov. Kalteng, Ketua FKUB Kalteng H. Bulkani serta Para Anggota FKUB Provinsi. Hadir secara virtual Wakil Bupati/Wakil Wali Kota selaku Ketua Dewan Penasehat FKUB Kabupaten/Kota dan Para Anggota FKUB se-Kalteng.

Widia Natalia

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook