Ribuan Siswa Baru SD dan SMP/MTs Terima Seragam Gratis dari Bupati Kobar

Kontribusi dari Diskominfo Kobar, 27 Desember 2021 08:38, Dibaca 75 kali.


MMCKalteng - Kotawaringin Barat - Pemerintah Daerah Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) mulai mendistribusikan seragam gratis bagi siswa baru untuk tahun ajaran 2021/2022. Pembagian seragam gratis ini bagi seluruh siswa baru pada jenjang SD/MI dan SMP/MTs se-Kabupaten Kobar.

Dimulainya pendistribusian seragam gratis ini ditandai dengan penyerahan secara simbolis oleh Bupati Kobar, Hj Nurhidayah kepada siswa baru yang digelar di SMP Negeri 1 Kumai pada Senin (27/12/2021). Dalam acara itu dihadiri juga Ketua DPRD, Muhammad Rusdi Gozali dan beberapa pejabat dari unsur Forkopimda serta Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disidikbud), H. Rustam Effendi.

(Baca Juga : Menumbuh Kembangkan Kecintaan Generasi Muda/Mudi Hindu Pada Tandak Intan Kaharingan)

Menurut Bupati Kobar Hj Nurhidayah, pembagian seragam gratis ini merupakan program yang telah berjalan dari tahun 2017, dimana Pasangan Nurani (Hj Nurhidayah - Ahmadi Riansyah) akan memberikan bantuan seragam gratis bagi siswa baru untuk meringankan beban orang tua siswa.

“Awalnya kami hanya dapat memberi bantuan kepada siswa baru dengan kriteria siswa tidak mampu. Namun untuk kali ini semua siswa baru jenjang SD/MI dan jenjang SMP/MTs mendapatkan bantuan seragam gratis,” kata Hj Nurhidayah, usai secara simbolis menyerahkan seragam gratis bagi siswa baru perwakilan dari 6 kecamatan se-Kobar.

Bupati Hj Nurhidayah juga menyampaikan bahwa di tahun ajaran 2021/2022, Program Seragam Gratis ini diharapkan dapat membantu meringankan beban masyarakat. Apalagi saat ini Kabupaten Kobar masih dalam masa pendemi Covid-19, bahkan masa sulit tidak hanya di sektor Pendidikan melainkan sektor ekonomi dan industri serta sektor-sektor lainnya.

“Ibu juga telah meminta kepada Kepala Dinas Dikbud Kobar agar segera mendistribusikan seragam gratis ini. Diusahakan akhir 2021 semua siswa baru sudah menerima bantuan seragam gratis ini, terutama bagi daerah-daerah yang jangkauannya sangat jauh," tegas Bupati.

Acara Simbolis penyerahan seragam gratis ini menggunakan protokol kesehatan dalam rangka mencegah Covid-19. Pada kesempatan itu juga Kepala Dinas Dikbud Kobar dalam sambutannya melaporkan kepada Bupati tentang mekanisme pengadaan dan pendistribusian serta jumlah pakaian yang dianggarkan.

“Untuk jenjang SD sejumlah 5.134 stel dan untuk jenjang SMP 4.800 stel. Kami juga menyampaikan permohonan maaf kepada orang tua murid apabila dalam mekanisme pemberian seragam gratis ini masih terdapat kekurangan. Besar harapan Pemkab Kobar agar secepat mungkin siswa baru bisa menggunakan seragam gratis,” ujar Rustam.  (disdikbud kobar / edt : rkh)

Diskominfo Kobar

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook