Wabup Gumas Hadiri Rapat Evaluasi Percepatan Vaksinasi   

Kontribusi dari DINAS KOMINFOSANTIK KAB. GUMAS, 03 Desember 2021 16:18, Dibaca 10 kali.


MMCKalteng - Gunung Mas – Wakil Bupati Gunung Mas Efrensia L.P. Umbing menghadiri Rapat Evaluasi Percepatan Vaksinasi di Kabupaten Gunung Mas, didampingi Sekretaris Daerah Kabupaten Gunung Mas Yansiterson, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Champili, di ruang rapat lantai 1 kantor Bupati, Jumat (3/12/2021). Pada kesempatan itu, Efrensia L.P. Umbing menyampaikan apresiasinya kepada Kecamatan Manuhing, Sepang dan Mihing Raya, yang capaian vaksinasinya 70% lebih.

”Kita tidak perlu melihat persentasenya, yang tidak kalah pentingnya adalah nominal orang yang belum vaksin,” ujarnya.

(Baca Juga : Peningkatan PPID Pelayanan Melalui Penerapan Standar Layanan Informasi Publik)

Dia mengatakan, jika dilihat nominal orang yang divaksin, target vaksin dosis satu mulai dari yang paling rendah adalah Kecamatan Tewah, Kecamatan Kurun, Kecamatan Rungan, Kecamatan Kahayan Hulu Utara, Kecamatan Rungan Hulu, Kecamatan Manuhing Raya, Kecamatan Rungan Barat, Kecamatan Miri Manasa, Kecamatan Damang Batu, Kecamatan Mihing Raya, Kecamatan Sepang dan Kecamatan Manuhing.

“Untuk Kecamatan Kurun, wilayah desa yang perlu digenjot vaksinasinya adalah Desa Tewang Pajangan. Tidak usah terlalu menyebar ke desa-desa yang lain, fokus kepada wilayah kerja puskesmas Tewang Pajangan,” ujarnya.

"Ini dari sisi prioritas keroyokan dalam menangani vaksin, tidak hanya berdasarkan persentase saja tetapi jumlah orang karena targetnya berbeda," sambungnya.


Dirinya pun berharap, kecamatan yang rendah persentasenya harus belajar banyak dari kecamatan yang persentase vaksinasinya paling banyak, terutama dalam pendataan warganya. Dia juga berharap, kepala perangkat daerah pendamping untuk lebih memperhatikan strategi tersebut.

“Kita ingin minggu pertama bulan Desember ini sudah 80 persen vaksinasi di Kabupaten Gunung Mas sudah mencapai target,” tuturnya.

“Saya yakin bisa kok. Ya karena daerah lain sudah ada di atas 80 persen, ada yang 87 persen, optimis kita pasti bisa, tetapi harus memakai strategi tadi,” ucap Wakil Bupati Gunung Mas, Efrensia L.P. Umbing.

"Untuk pendataan seperti sistem Kecamatan Sepang tadi bagus, karena pendataan ini terpadu dan menggunakan surat pernyataan itu juga bagus, kita harus banyak akal. Pelayanan ini bukan karangan kita, contoh naik pesawat tidak boleh kalau tidak ada sertifikat vaksinnya, masuk mall tidak boleh kalau tidak ada sertifikat vaksinnya, itukan melalui aplikasi peduli lindungi," jelasnya.

“Untuk Kominfosantik Kabupaten Gunung Mas yang diminta oleh Bapak Bupati Gunung Mas kemaren di tiap-tiap kantor khususnya yang ada sinyal supaya terapkan melalui aplikasi peduli lindungi,” katanya.

Dia menegaskan, "Untuk Kecamatan Kurun nomor dua paling kecil capaian vaksinasinya. Dengan rapat hari ini tinggal dirumuskan, ingat para camat, kepala perangkat daerah ini cuma membantu percepatan vaksinasi di wilayah kecamatan wilayah masing-masing. Saya tegaskan kepada para camat harus bersinergi dengan perangkat daerah yang datang di kecamatan, dengan perangkat daerah yang datang malah kecamatan pangku tangan tidak cocok ini ya, harus dimanfaatkan kedatangan perangkat daerah supaya bersinergi ada kesempatan untuk bisa mengedukasi, memaksa masyarakat untuk divaksin."

“Sasaran kita 80% vaksinasi, supaya bereslah vaksinasi ini, satu persatu supaya kita fokus membangun Kabupaten Gunung Mas Bumi Habangkalan Penyang Karuhei Tatau yang kita cintai,” terangnya. (Iswanto / Foto: Iswanto/edt : rkh)

DINAS KOMINFOSANTIK KAB. GUMAS

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook